HEADLINE

[Beking Narkoba] Tim Gabungan Periksa Penyidik Bareskrim dan Polda Metro

""Tim memeriksa mereka yang pernah berinteraksi dan berhubungan dengan Freddy Budiman ketika pernah ditangani oleh pihak Bareskrim dan Polda Metro Jaya,""

Gilang Ramadhan

[Beking Narkoba] Tim Gabungan Periksa Penyidik Bareskrim dan Polda Metro
Terpidana mati gembong narkoba Freddy Budiman. (Foto: KBR/ M. Ridlo)

KBR, Jakarta- Tim Pencari Fakta Gabungan bentukan Polri memeriksa penyidik Direktorat Narkoba Bareskrim dan Polda Metro Jaya terkait testimoni gembong narkoba Freddy Budiman. Juru bicara Polri, Boy Rafli Amar mengatakan, ini adalah pemeriksaan lanjutan karena sebelumnya beberapa penyidik sudah diperiksa Tim Pencari Fakta Gabungan.

"Tim memeriksa mereka yang pernah berinteraksi dan berhubungan dengan Freddy Budiman ketika pernah ditangani oleh pihak Bareskrim dan Polda Metro Jaya," kata Boy di Mabes Polri, Senin (22/08/16).


Selain memeriksa penyidik, Boy menjelaskan, Tim Pencari Fakta Gabungan juga mencari data dan informasi dari penasehat hukum  Freddy Budiman di kawasan Karawaci. Penasehat hukum tersebut yang membantu Freddy dalam penyusunan Pledoi yang diajukan pada 2013 lalu.


"Ini adalah agenda yang akan dilakukan tim hari ini, termasuk melakukan pengkajian lebih jauh terhadap hasil informasi yang diperoleh dari PPATK," ujar Boy.


Sebelumnya, Tim Pencari Fakta Gabungan telah meminta data dan keterangan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait aliran dana Freddy Budiman. Kemudian tim juga telah merekonstruksi dan memeriksa saksi-saksi terkait pertemuan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Kontras), Haris Azhar, dengan gembong narkoba Freddy Budiman di Nusakambangan.


Tim Pencari Fakta Gabungan bentukan Polri akan mengumumkan hasil penyelidikan setelah satu bulan. Fokus penyelidikan tim ini untuk mencari fakta terkait dugaan adanya pejabat Polri yang menerima aliran dana dari Freddy Budiman untuk melancarkan bisnis narkoba.


Editor: Rony Sitanggang

  • Juru bicara Polri
  • Boy Rafli Amar
  • Freddy Budiman
  • Koordinator Kontras Haris Azhar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Hendro Rustadi8 years ago

    Semoga bekingnya segera ketangkep.. Tapi rasanya kok mustahil ya.. Hehehehe