Menteri Susi akan Bentuk Satgas Garam

Pemerintah bentuk satgas untuk awasi dan atur impor garam

BERITA | NASIONAL

Rabu, 05 Agus 2015 18:54 WIB

Author

Yudi Rachman

Menteri Susi akan Bentuk Satgas Garam

Petani Garam (Foto: Musyafa)

KBR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membentuk satgas khusus untuk mengawasi dan mengatur impor garam. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, satuan tugas ini akan melakukan pengawasan tata niaga garam di Indonesia. Termasuk mengawasi dan menghentikan adanya dugaan kartel yang merugikan petani garam.

"Nanti kita akan buat satgas khusus pengawasan impor garam supaya bisa diatur, harga pasar diatur, bukan maksudnya diatur pengusahanya tidak untung, tidak. Tetapi, jangan sampai pabrik membayar terlalu mahal tetapi di satu sisi petani garam dirugikan. Ini bukan mengintervensi pasar tetapi menjaga salah satu program ketahanan pangan. Karena kita tidak bisa hidup tanpa garam walau sedikit. Apakah Satgas ini akan menghentikan impor garam, kita tidak bisa  hanya bisa teriak stop gitu saja, tetapi tidak bisa menindak," jelas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta, Rabu (5/8).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menambahkan, ada upaya dari importir garam melanggar aturan soal impor garam yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan. Selain itu, importir garam juga melakukan kecurangan dengan mengoplos garam impor dengan garam lokal dan menjual ke industri dengan harga mahal. Selain itu, ada juga importir yang melakukan impor garam di saat petani garam panen raya.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri