HEADLINE

Jelang Putusan ULMWP, KNPB Lanjutkan Aksinya dengan Ibadah

"“Kegiatan akan tetap berlangsung. Syukuran sambil menunggu hasil dari sana""

Rio Tuasikal

Jelang Putusan ULMWP, KNPB Lanjutkan Aksinya dengan Ibadah
Aparat membubarkan aksi KNPB, Rabu (13/07). (Foto: KBR/Victor Y.)

KBR, Jakarta- Komite Nasional Papua Barat (KNPB) akan tetap menggelar aksi di sejumlah kota Papua, meski aksi hari ini dibubarkan kepolisian.  Sekretaris Umum KNPB, Ones Suhuniap, mengatakan   tetap mendorong agar Gerakan Bersatu Pembebasan Papua Barat (ULMWP) jadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group (MSG).

Rencananya keanggotaan itu akan diputuskan dalam KTT MSG di Salomon Islands besok.

Ones menjelaskan, aksi selanjutnya akan berupa ibadah, berbeda dengan aksi hari ini berupa turun ke jalan dan berorasi.


“Kegiatan akan tetap berlangsung. Syukuran sambil menunggu hasil dari sana (Solomon),” tuturnya kepada KBR, Rabu (13/7/2016) malam.


“Bentuknya itu ibadah, dan pesta rakyat parade budaya,” jelasnya.


Sementara itu, terkait penangkapan 53 orang saat aksi di Timika kemarin, Ones memastikan mereka telah dilepaskan seluruhnya. Namun, 2 orang aktivis KNPB sampai saat ini masih diperiksa dengan tuduhan hasutan.


Selama dua hari ini, polisi membubarkan dan menangkap warga Papua yang beraksi damai mendukung ULMWP. Di Timika setidaknya 100 orang ditangkap selama 2 hari. Yahukimo ada 1.500 orang diamankan ke kantor bupati.
 


Editor: Rony Sitanggang

  • ULMWP
  • Sekretaris Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Ones Suhuniap
  • MSG

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!