HEADLINE

Jelang Putusan ULMWP, Indonesia Walk Out

""Delegasi Indonesia tak terima bendera bintang kejora ikut dinaikkan.""

Rony Sitanggang, Rio Tuasikal

Jelang Putusan ULMWP, Indonesia Walk Out
Spanduk dukungan ULMWP di pertemuan MSG. (Foto: KBR/Victor Y.)

KBR, Jakarta- Delegasi pemerintah Indonesia memutuskan keluar dari pertemuan pemimpin negara-negara Melanesia (MSG). Ketua Komite Nasional Papua Barat Victor Yeimo mengatakan, delegasi Indonesia keluar ruangan saat penaikan bendera negara. Menurut Victor melalui sosial media FB, delegasi Indonesia tak terima bendera bintang kejora ikut dinaikkan. Terkait hal ini, delegasi pemerintah Indonesia belum menjawab konfirmasi KBR.

Sementara itu Dirjen Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan, Yoedhi Swastanto mengatakan pertemuan para Petinggi Melanesian Spearhead Group (MSG) di Solomon Island belum masuk ke pembahasan yang menentukan keanggotaan Gerakan Bersatu Pembebasan Papua Barat (ULMWP).

Yoedhi mengatakan, sebagai delegasi RI yang berangkat ke Solomon, dirinya yakin ULMWP tidak memenuhi syarat untuk diterima. Sebab kata dia UMLWP bukan negara. Sementara salah satu syarat menjadi keanggotaan penuh MSG haruslah berbentuk negara yang berdaulat.


"Jadi me-refer hasil di Lautoka Fiji beberapa waktu lalu, ini menindaklanjuti itu, tetap sama, untuk persyaratan menjadi full member kan salah satu pasalnya harus negara berdaulat," ungkap Yoedhi kepada KBR, Rabu (13/7/2016).

Aksi di Papua

Terkait aksi di sejumlah wilayah Papua untuk mendukung ULMWP masuk dalam MSG, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) membantah telah menghasut warga Papua lewat selebaran. Kata Sekretaris Umum KNPB Ones Suhuniap, polisi tidak bisa menahan 2 aktivis KNPB Timika dengan pasal penghasutan.

Ones menyatakan, selebaran itu hanya ajakan untuk berunjuk rasa. Selain itu, pembagian selebaran juga berlangsung damai.


"Selebaran yang dikeluarkan untuk aksi demo hari ini bukan penghasutan. Siapa yang dihasut?" jelas Ones kepada KBR, Rabu (13/07/2016) siang.


"Saya pikir tidak ada yang dihasut, siapa yang dihasut? Akibat dari penghasutan itu apa yang terjadi? Ada korban tidak? Kalau tidak terjadi apa-apa tidak bisa dibilang pasal penghasutan," ujarnya lagi.


Ones menambahkan, sedianya di Timika akan ada aksi damai mendukung ULMWP masuk jadi anggota tetap MSG. Tapi aksi itu, dibubarkan secara paksa oleh kepolisian. Polisi kemudian menangkap 53 orang. Dua diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara yang lain, telah dilepaskan.

Editor: Dimas Rizky

  • Gerakan Bersatu Pembebasan Papua Barat (ULMWP)
  • Melanesia Spearhead Group (MSG)
  • Ketua Umum KNPB Victor Yeimo
  • Dirjen Strategi Pertahanan
  • Kementerian Pertahanan
  • Yoedhi Swastanto

Komentar (18)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Toto Priyono8 years ago

    Indonesia adalah negara integeralistik, dimana negara integeralistik adalah buah kesepakatan menjalani berbangsa dan bernegara satu antara bangsa-bangsa nusantara sebelum indonesia ada. Saya berpendapat masalah dipapua hanya masalah sudah tidak mau membangun bersama bangsa papua dengan indonesia. Seharusnya indonesia lebih sadar diri bahwa sudah tidak mau bersama janganlah memaksakan, apakah dijajah bangsa asing berabad-abad tidak menyadarkan indonesia? Apa indonesia mewarisi sikap penjajah? Nkri harga mati adalah bentuk fasis yang memaksakan kehendaknya.

  • Yopie Jitmau8 years ago

    Sdr Toto, saya yakin anda tidak pernah ke papua. Dan saya juga yakin anda tidak tau sesungguhnya ttg papua. Disini tdk ada penjajahan. Anda pernah lahir di jaman penjajahan? Semua disini dikelola oleh kami, orang asli papua. Lalu apa yg dijajah? Kalau hasil kekayaan alam papua sebagian dikirim ke jakarta, itu wajar, untuk subsidi silang. Di papua juga tdk semua daerah kaya. Banyak yg tdk menghasilkan apa2. Itulah gunanya subsidi silang. Kalau menuruti mulut anda, wilayah2 yg kaya di indonesia, tdk hanya papua, akan minta merdeka

  • jhon8 years ago

    jangan hanya karena kepentingan organisasi semata kalian bikin hancur tanah papua kami yg indah ini, kami hanya ingin damai dan maju tanah kami , bukan mau merdeka , ,,,

  • jhon8 years ago

    jangan hanya karena kepentingan organisasi semata kalian bikin hancur tanah papua kami yg indah ini, kami hanya ingin damai dan maju tanah kami , bukan mau merdeka , ,,,

  • jhon8 years ago

    jangan hanya karena kepentingan organisasi semata kalian bikin hancur tanah papua kami yg indah ini, kami hanya ingin damai dan maju tanah kami , bukan mau merdeka , ,,,

  • naomi8 years ago

    Orang Papua tidak mengerti apa itu ULMWP, mereka tidak tahu apa2 hanya dimanfaatkan mereka ikut demo, tidak tahu makna demo itu apa. mereka hanya dimanfaatkan, oleh orang2 macam Ones Manusia Busuk ini. Panas2 ikut demo, dorang tara pernH MUNCUL, Tara kerja , pengganguran, tapi bisa makan. duit dari mana dia... pancuri kah apa

  • jhon tabuni8 years ago

    Jangan hanya karena kepentingan kelompok tertentu saja kalian korbankan papua yg indah ini.... kami tidak ingin MERDEKA... kami hanya ingin DAMAI, dan memajukan papua agar menjadi lebih baik ....jangan kalian rusak tanah kami !!!!!!!!

  • nelson8 years ago

    KNPB selama ini tipu tipu sodara dorang mau jadi anggota penuh MSG,.. ternyata hanya isu belaka

  • yulius gombo8 years ago

    ribut2 apalagi sih ini , kita sdh tenang kok ..... makan sdh enak, tidur sdh nyenyak, kerja sdh nyaman, hidup sdh damai, ... Mau nyari apalagi sih. skrg kita tinggal jaga sama2 biar situasi ini tetap aman dan Damai....

  • tiyo8 years ago

    KNPB hanya buat isu saja berarti,.?? haduh banyak masyarakat papua ketipu,,oh Tuhan

  • Emanuel8 years ago

    Memang KNPB selalu meresahkan masyarakat. . . Kerjanya tipu saja

  • Emanuel8 years ago

    Memang KNPB selalu begitu, meresahkan masyarakat,. . kerjanya tipu saja,. . Bubarkan saja KNPB....

  • lucasibo8 years ago

    Delegasi Indonesia tak terima bendera bintang kejora ikut dinaikkan yah wajar saja karena Bintang Kejora bukan Bendera Negara kau mau diakui menjadi full member di MSG jangan mimpi bung, lebih baik kau mimpi makan dan tidur saja yang enak dan nyenyak.

  • edwar8 years ago

    saya kenal ones suhuniap, manusia yang tra tau malu, n tra tau diri, manusia bodok, ajak anak-anak papua yg mau belajar pergi utk ikut demo, dasar orang tra pernah sekolah

  • andri8 years ago

    KNPB sudah berbuat apa untuk tanah Papua...KNPB hanya bikin kacau saja itu kelompok orang bodoh yang ingin merdeka tanpa mau berusaha....kita sudah merdeka mau merdeka apalagi....

  • Erick8 years ago

    Saya baca beberapa pendapat saudara2 yg asli papua diatas saya jd malu sendiri...kenapa..? Karena warna kulit dan jenis rambut itu tdk bisa dibohongi smp kapanpun. Saya rasa baiknya kita yg asli papua tidak membuat pendapat yg bertolak belakang dgn usaha saudara2 kita di Solomon dan di atas tanah papua sendiri. Wajar saja yg di papua mendukung hak2 kaum kita sendiri dgn demo yg tdk anarkis. Satu lagi yg ingin saya sampaikan kepada pendatang di papua..anda jgn berpendapat soal papua krn anda bukan bagian dari RAS MELANESIA yg cinta damai...anda bukan bagian dr kami..

  • albert8 years ago

    kepada penulis (Roni Sitanggang, Rio Tuasikal) informasi yg anda dapat dari viktor Yeimo tidak benar, dia adalah aktor KNPB, yg menyuarakan papua merdeka, dia selalu membuat berita2 propaganda di media, dampak dari ini semua adalah kami masyarakat yg ada di Papua, dgn isu merdeka yg dia janjikan banyak saudara kami yg terpengaruh, fakta yg ada adalah yang mendukung papua merdeka adalah sekelompok orang papua yg sudah menjadi warga negara luar mengatasnamakan rakyat papua. tidak ada bendera bintang kejora yang dinaikan pada saaat pembukaan msg, justru pada saat benny ULMWP memasuki ruangan sambil membawabendera Bintang Kejora langsung diusir keluar, bahkan negara FIJI pun akan keluar dari MSG jika ULMWP masuk jadi anggota penuh MSG. saran saya tolong berikan informasiyg benar kepadapublik.

  • Andry Tan8 years ago

    Saya org Indonesia Tionghoa,Saya bangga menjadi orang indonesia bersatu dan berbaur dengan saudara dari sabang dan merauke. Tidak peduli apapum suku & ras anda,kita satu bangsa yang besar. Masa depan dunia ada di Indonesia bersama negara besar lainnya. Sedangkan MSG itu menurut pendapat saya,negara yang jauh tertinggal dari papua indonesia. Masa depan Papua akan indah bersama indonesia. Kalian bisa berdiri tegap menghadi org MSG karena kemakmura mereka jauh di bawah kalian. Marilah kita bangun NKRI kita ini dengan giat dan rukun. Jangan mau di bohongin,sedangkan kalian lebih pintar dan pandai dari Negara MSG.. Salam Satu Bangsa