HEADLINE

Lion, Batik Air, dan Citilink, Dihapus dari Daftar Hitam Uni Eropa

"Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend mengatakan, komite penerbangan Uni Eropa sepakat mengizinkan maskapai Lion Air, Citilink, dan Batik Air terbang ke Eropa."

Dian Kurniati

Lion, Batik Air, dan Citilink, Dihapus dari Daftar Hitam Uni Eropa
Maskapai penerbangan Lion Air. Foto: Setgab.go.id

KBR, Jakarta - Uni Eropa menghapus tiga maskapai Indonesia dari daftar hitam penerbangan di benua itu. Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend mengatakan, komite penerbangan Uni Eropa sepakat mengizinkan maskapai Lion Air, Citilink, dan Batik Air terbang ke Eropa. Sehingga, kini, sudah ada tujuh maskapai Indonesia yang dapat membuka rute ke 28 negara anggota Uni Eropa.

"Pembaruan daftar penerbangan yang aman Uni Eropa kemarin, didasarkan pada keputusan bersama, tanpa keberatan dari para ahli atau pakar penerbangan dari 28 negara anggota Uni Eropa. Mereka bertemu dari 31 Mei sampai 2 Juni dalam kepanitiaan Komite Keamanan Penerbangan Uni Eropa," kata Vincent di kantornya, Jumat (17/06/16).


Vincent mengatakan, Komisi Eropa bersama Badan Keamanan Penerbangan Eropa, dan Organisasi penerbangan sipil internasional telah menggelar pertemuan membahas penghapusan maskapai penerbangan sipil dari daftar hitam Uni Eropa. Vincent mengatakan, dari pertemuan itu, Lion Air, Batik Air, dan Citilink dinilai memenuhi persyaratan untuk terbang melayani warga Uni Eropa.


Vincent mengatakan, ada tiga kali penilaian pada tiga maskapai itu sebelum diberikan izin terbang ke Uni Eropa. Penilaian itu meliputi kunjungan langsung perwakilan Komite Penerbangan Sipil Uni Eropa ke Indonesia pada April lalu, informasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, dan informasi dari maskapai yang dinilai.


Vincent mengatakan, Uni Eropa memiliki standar yang ketat dari segi keamanan penumpang. Sehingga, semua maskapai yang ingin melayani rute penerbangan di negara anggota, harus memenuhi standar yang ditetapkan. Kata dia, baik Indonesia maupun Uni Eropa akan menikmati keuntungan dari penghapusan daftar hitam itu.


Kementerian Perhubungan menyambut gembira kabar penghapusan daftar hitam untuk tiga maskapai itu. Juru Bicara Direktorat Jenderla Perhubungan Udara, Agoes Soebagyo mengatakan, penghapusan maskapai dari daftar hitam akan meningkatkan kepercayaan internasional terhadap keamanan penerbangan di Indonesia


"Derektorat Jenderal Perhubungan Datar juga sudah menerima surat dari EU mengenai berita pengumuman dari EU tentang airline-airline yang keluar dari EU banned. Ini adalah berita yang sangat baik bagi perkembangan dunia penerbangan di Indonesia, khususnya memberikan keyakinan tentang keselamatan penerbangan di Indonesia," kata Agoes. (qui)

  • Uni Eropa
  • maskapai penerbangan indonesia
  • black list
  • Citi Link
  • Bati Air
  • Lion Air

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!