HEADLINE

Tak Bergantian, Imparsial Khawatir Pencalonan Panglima TNI Picu Konflik Internal

"Peneliti LSM Hak Asasi Manusia HAM Imparsial, Gufron Mabruri, meramalkan akan terjadi konflik internal dalam pencalonan Panglima TNI. "

Eli Kamilah

Tak Bergantian, Imparsial Khawatir Pencalonan Panglima TNI Picu Konflik Internal

KBR, Jakarta- Peneliti LSM Hak Asasi Manusia HAM Imparsial, Gufron Mabruri, meramalkan akan terjadi konflik internal dalam pencalonan Panglima TNI. Hal ini dinyatakan setelah presiden menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat KSAD Gatot Nurmantyo menjadi calon Panglima TNI. Gufron menjelaskan, TNI punya aturan turun temurun dalam memilih panglimanya, yakni bergantian antara AL, AD dan AU. Moeldoko sendiri berasal dari AD, dan seharusnya digantikan calon dari AU. Namun, Jokowi malah memilih calon dari AD.

"Undang-undang TNI sendiri, bagi Presiden tidak harus mengikuti sistem rotasi. namun ada dorongan untuk mengikuti itu. Memang idealnya seharusnya AU yang dipromosikan menjadi panglima, karena sebelumnya AL, AD sekarang AU," ujarnya saat dihubungi KBR, Rabu (10/6).


Presiden Joko Widodo awal pekan ini resmi mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI. Sementara itu, DPR menanggap penunjukan Gatot merupakan tren baru, di mana presiden tidak memilih tri matra TNI secara bergantian.

Editor: Dimas Rizky

  • Imparsial
  • Pencalonan Panglima TNI
  • Gatot Nurmantyo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!