HEADLINE

Pekan Depan, DPR Uji Kelayakan Sutiyoso dan Gatot Nurmantyo

" Komisi Pertahanan DPR menjadwalkan Uji Kepatutan dan Kelayakan dua calon pejabat negara, pekan depan."

Eli Kamilah

Pekan Depan, DPR Uji Kelayakan Sutiyoso dan Gatot Nurmantyo
Foto: http://setkab.go.id

KBR, Jakarta- Komisi Pertahanan DPR menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan dua calon pejabat negara, pekan depan. Keduanya adalah calon Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, dan calon Kepala Badan Intelegen Negara BIN, Sutiyoso. Namun, kata anggota Komisi Pertahanan DPR Martin Hutabarat, DPR belum menentukan tanggal pelaksanaannya. Saat disinggung soal penunjukan panglima TNI tak bergantian sesuai tri mantra TNI, Martin mengatakan itu hak presiden.

"Itu kan hak presiden. Kita menjadwalkan fit and proper saja," tutupnya singkat.

Presiden Joko Widodo resmi mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI menggantikan Moeldoko yang memasuki masa pensiun. Gatot dipilih dari perwakilan tri matra TNI untuk kemudian dimintakan persetujuan dari DPR.

Selain itu, Jokowi juga menunjuk Sutiyoso menjadi calon Kepala BIN untuk menggantikan Marciano Norman. Sutiyoso adalah Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat.

Editor: Dimas Rizky

  • uji kelayakan dan kepatutan calon pejabat negara
  • Badan Intelijen Negara
  • Gatot Nurmantyo
  • Sutiyoso

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!