Pekan Depan, DPR Uji Kelayakan Sutiyoso dan Gatot Nurmantyo

Komisi Pertahanan DPR menjadwalkan Uji Kepatutan dan Kelayakan dua calon pejabat negara, pekan depan.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 10 Jun 2015 19:17 WIB

Author

Eli Kamilah

Pekan Depan, DPR Uji Kelayakan Sutiyoso dan Gatot Nurmantyo

Foto: http://setkab.go.id

KBR, Jakarta- Komisi Pertahanan DPR menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan dua calon pejabat negara, pekan depan. Keduanya adalah calon Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, dan calon Kepala Badan Intelegen Negara BIN, Sutiyoso. Namun, kata anggota Komisi Pertahanan DPR Martin Hutabarat, DPR belum menentukan tanggal pelaksanaannya. Saat disinggung soal penunjukan panglima TNI tak bergantian sesuai tri mantra TNI, Martin mengatakan itu hak presiden.

"Itu kan hak presiden. Kita menjadwalkan fit and proper saja," tutupnya singkat.

Presiden Joko Widodo resmi mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI menggantikan Moeldoko yang memasuki masa pensiun. Gatot dipilih dari perwakilan tri matra TNI untuk kemudian dimintakan persetujuan dari DPR.

Selain itu, Jokowi juga menunjuk Sutiyoso menjadi calon Kepala BIN untuk menggantikan Marciano Norman. Sutiyoso adalah Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat