HEADLINE

KOMISI I DPR Setuju Sutiyoso jadi Kepala BIN

"DPR setujui Sutiyoso menjadi Kepala BIN"

Ade Irmansyah

KOMISI I DPR Setuju Sutiyoso jadi Kepala BIN
Calon Kepala BIN, Sutiyoso. (Foto: KBR)

KBR, Jakarta - Komisi Intelijen dan Pertahanan DPR-RI   menyetujui Bekas Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso menjadi Kepala Badan Intelijen Negara. Ketua Komisi Intelijen dan Pertahanan DPR, Mahfudz Siddiq mengatakan, tidak ada satu fraksi pun di Komisinya yang menolak pencalonan Sutiyoso sebagai Kepala BIN Indonesia. Hanya saja kata dia, meski medapatkan suara penuh, pihaknya tetap memberikan catatan-catatan kepada Sutiyoso dalam memimpin BIN, terutama soal perbaikan komunikasi antara BIN dengan DPR agar kinerjanya semakin baik.

“Banyak hal yang kami eksplorasi secara mendalam dan calon kepala BIN memberikan paparan penjelasan secara komprehensif dan baik. Oleh karena itu 10 fraksi yang sudah memberikan pandangan-pandangannya yang sudah kami rekam dan kami simpulkan. Maka komisi I DPR-RI didalam proses pemberian pertimbangan ini menerima dan mendukung Letjen Purn Sutiyoso yang diajukan Presiden RI yang diajukan sebagai kepala BIN,” ujarnya usai memimpin rapat uji kelayakan dan kepatutan.

Ketua Komisi Intelijen dan Pertahanan DPR, Mahfudz Siddiq menambahkan pihaknya bakal membawa hasil rapat ini ke dalam Rapat Peripurna terdekat untuk mengesahkan pertimbangan ini atas nama DPR.

Sebelumnya, Calon tunggal Kepala Badan Intelegen Negara (BIN), Sutiyoso mendatangi Komisi Pertahanan dan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat untuk melakukan tes uji kelayakan dan kepatutan pagi ini. Bekas Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu mengaku siap sepenuhnya, termasuk soal program utamanya saat menjadi kepala BIN nanti. Salah satunya kata dia, hal pertama yang bakal dia garap untuk mengawali tugasnya nanti adalah memasok informasi intelejen di bidang ekonomi dan cyber Intelligence.


Editor: Rony Sitanggang

  • sutiyoso
  • BIN
  • Ketua Komisi Intelijen dan Pertahanan DPR
  • Mahfudz Siddiq

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!