[RALAT KBR] Polisi Tangkap 51 Aktivis KNPB Wamena yang Tengah Siapkan Demo

"Aparat keamanan terlalu mempolitisir, dan kerap menghalangi aksi damai yang kami lakukan,"

BERITA | NASIONAL

Senin, 30 Mei 2016 22:01 WIB

Author

Bambang Hari

[RALAT KBR] Polisi Tangkap 51 Aktivis KNPB Wamena yang Tengah Siapkan Demo

Polisi tangkapi aktivis KNPB. (Sumber: FB KNPB)

KBR, Jakarta- Sebanyak 51 aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wamena ditahan di Kepolisian Resor Jayawijaya, Papua. (Ini sekaligus meralat berita sebelumnya yang tertulis Jayapura. 30/5/2016)

Salah satu aktivis KNPB, Warpo Wetipo menjelaskan, mereka digelandang ke kantor polisi saat sedang menyiapkan agenda aksi massa, yang akan digelar besok (31/5).

Aksi massa itu digelar untuk menuntut pembebasan tahanan politik, sekaligus mendukung pertemuan MSG di Papua Nugini.

"Mereka bilang kami ini pengacau. Padahal dalam aksi-aksi kami selama ini kami lakukan tidak seperti yang mereka tuduhkan kepada kami. Aparat keamanan terlalu mempolitisir, dan kerap menghalangi aksi damai yang kami lakukan," kata Salah satu aktivis KNPB, Warpo Wetipo kepada KBR, Senin (30/05).

Ia menambahkan, setelah digelandang ke kantor polisi, mereka diinterogasi oleh penyidik. Walau polisi tidak menemukan adanya barang bukti, hingga malam hari mereka belum juga dilepaskan.

Hingga berita ini diturunkan, 51 aktivis itu masih ditahan di kantor Polres Jayawijaya. Penangkapan dilakukan sejak siang waktu setempat.

Melalui sosial media KNPB menyebut total 102 orang ditangkap di berbagai wilayah  Papua jelang aksi Selasa besok.


Editor: Rony Sitanggang
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN