HEADLINE

Perlambatan Ekonomi Meningkatkan Pengangguran

"Tingkat pengangguran terus meningkat mengikuti tren perlambatan ekonomi pada kuartal I tahun ini."

Stefanno Reinard Sulaiman

Ilustrasi. Bursa kerja. Foto: Antara
Ilustrasi. Bursa kerja. Foto: Antara

KBR, Jakarta­- Pengamat Ekonomi INDEF, Imaduddin Abdullah menyebut tingkat pengangguran terus meningkat mengikuti tren perlambatan ekonomi pada kuartal I tahun ini. Selain itu, meningkatnya pengangguran juga disebabkan berkurangnya jumlah pekerja di sektor pertanian sebanyak 710 ribu jiwa pada Februari tahun ini.

"Kalau pengangguran terus meningkat yang terjadi tentu kemiskinan juga meningkat pertumbuhan ekonomi adalah kunci pengentasan kemiskinan. Jika pertumbuhannya melambat tentu laju penurunan kemiskinan mengalami perlambatan," jelas Imaduddin di Kantornya, Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Abdullah menambahkan pemerintah perlu memperbaiki iklim usaha dengan menurunkan suku bunga demi mendongkrak investasi. Kemudian membangun sejumlah industri manufaktur, untuk menghindari ketergantungan Indonesia pada ekspor komoditas. Sebelumnya, data Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan Februari 2015 jumlah penganggur ada sebanyak 7,45 juta orang, meningkat 300 ribu orang dibandingkan bulan Februari tahun lalu. 

Editor: Malika

 

  • ekonomi
  • perlambatan ekonomi
  • BPS
  • pengangguran
  • kemiskinan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!