HEADLINE

Menkeu Pastikan RI Tak Pinjam ke IMF

"Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan pemerintah Indonesia saat ini tidak punya utang ke lembaga moneter internasional (IMF). "

Aisyah Khairunnisa

Menkeu Pastikan RI Tak Pinjam ke IMF
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (kanan) (foto: Antara)

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan pemerintah Indonesia saat ini tidak punya utang ke lembaga moneter internasional (IMF). 

Bambang menjelaskan, seluruh utang Indonesia sudah dilunasi pada 2006, semasa pemerintahan SBY. Sementara, utang sebesar 2,9 USD yang dikutip dari buku laporan BI statistik utang luar negeri sebenarnya adalah aset IMF di Bank Indonesia yang sampai saat ini belum digunakan. 

"Itu fasilitas dari IMF untuk seluruh negara anggota dalam konteks balance of payment support. Jadi standby loan itu kenapa kalau misalnya suatu negara tiba-tiba butuh bisa pakai, tetapi itu punyanya IMF yang dikasih ke negara-negara, maka karena punya IMF disebutnya utang. Tetapi kita bukan harus bayar, kalau enggak pakai ya udah selesai," jelas Bambang. 

Sebelumnya, bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengklarifikasi pernyataan Presiden Jokowi yang menyatakan Indonesia masih punya utang ke IMF. Klarifikasi ini bahkan sempat jadi polemik, saat Sekretaris Kabinet Andi Widjadjanto meyakini Indonesia masih punya utang sebesar 2,9 USD pada 2009 semasa SBY menjabat sebagai presiden. 

Editor: Antonius Eko  

  • utang indonesia
  • IMF

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!