HEADLINE

LGN Tunggu Persetujuan Pemerintah untuk Riset Ganja

"Lingkar Ganja Nusantara sudah mengumpulkan sejumlah data yang mendukung pemakaian ganja bagus untuk obat, terutama untuk menyembuhkan diabetes. "

Evelyn Falanta

LGN Tunggu Persetujuan Pemerintah untuk Riset Ganja
ilustrasi

KBR, Jakarta- Lingkar Ganja Nusantara (LGN) masih menunggu persetujuan sejumlah instansi pemerintah agar menyetujui riset ganja sebagai bahan pengobatan. 

Ketua LGN Dhira Narayana mengatakan, sudah mengumpulkan sejumlah data yang mendukung pemakaian ganja bagus untuk obat, terutama untuk menyembuhkan diabetes. Kata dia, saat ini pihaknya masih mendiskusikan riset tersebut dengan instansi pemerintah seperti Kemendikbud, BNN, Kepolisian, LIPI dan lainnya.

"Ini kan baru tahap awal. Jadi, kami lagi menjalin komunikasi dengan beberapa lembaga negara supya riset ini akan melibatkan beberapa pihak, Pasalnya, namanya tanaman ganja perlu pengawasan yang ketat dan lebih bagus kalau banyak lembaga yang terlibat,” kata Dhira kepada KBR, Rabu (1/4/2015). 

“Nah, untuk memahami ini langkah yang paling tepat kita mulai dengan riset. Kalau yang sekarang kita lagi fokus untuk antidiabetes," tambahnya. 

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat mengenai izin riset menggunakan Cannabis alias Ganja. Pasalnya, Lingkar Ganja Nusantara telah mengantongi izin tersebut sejak Februari lalu. 

Namun izin tersebut hanya dapat digunakan setelah LGN memiliki badan hukum yang sah dari negara yaitu Yayasan Sativa Nusantara. Yayasan inilah yang nanti bekerja khusus untuk melakukan segala jenis penelitian ganja yang ada di Indonesia, terutama dalam bidang medis, budaya dan hukum.

Editor: Antonius Eko 

 

  • ganja
  • diabetes

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Lutfi Latiful Hayat,.SH8 years ago

    Dengan senang hati mendukung kearifan lokal bangsa ini yaitu melalui ganja sebagai kultur masyarakat adat dahulu, dan menghargai nilai-nilai yang terkandung di dlamnya, ganja adalah adat dari masyrakat indonesia terdahulu yang digunakan sebagi obat, religi,dan kebiasaan. Maka dari itu kita sebagai penerus nenek moyang terdahulu wajib menghargai kearipan lokal yang ada pada ganja sebagai adat dan kebudayaan masyarakat nusantara.