HEADLINE

Kemendagri Sahkan Pergub APBD DKI Jakarta 2015

"Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, ia berharap Gubernur Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan DPRD DKI Jakarta bisa segera membahas APBD-Perubahan untuk memasukkan komponen anggaran."

Aisyah Khairunnisa

Kemendagri Sahkan Pergub APBD DKI Jakarta 2015
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri hari Rabu ini (1/4/2015) sudah menerima Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai APBD DKI Jakarta 2015.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, ia berharap Gubernur Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan DPRD DKI Jakarta bisa segera membahas APBD-Perubahan untuk memasukkan komponen anggaran yang belum terserap dalam APBD 2014.


"Yang sudah kita verifikasi, kita cek ulang mengenai beberapa skala prioritas yang harus masuk di dalam pergub tsb. Saya berharap dengan pergub yang sudah kita sahkan itu, masih ada waktu dengan DPRD DKI untuk nantinya diadakan pembahasan APBD Perubahan. Soal kapan waktunya ya terserah. Antara gub dengan DKI. Ataukah mau ada perubahan ataukah tidak. Tapi harusnya ada. Karena sayang kalau emang tidak ada. Tapi secara resmi hari ini udah clear semua," kata Tjahjo di depan Kantor Presiden, Rabu (1/4/2015).


Tjahjo menambahkan, APBD-Perubahan tetap dalam bentuk Peraturan Gubernur (pergub). Meski telah menerima Pergub APBD DKI Jakarta 2015, Tjahjo tetap menyesalkan jalan pembahasan APBD tahun ini yang pelik. DPRD yang tetap ngotot mengajukan hak angket karena Ahok mengumpulkan APBD tanpa persetujuan dewan. Gubernur pun tetap ingin melanjutkan laporan ke KPK mengenai dugaan anggaran siluman yang diduga diselundupkan oleh DPRD .


“Terus Pak Wapres juga sudah mengundang berdua, DPRD dan gubernur, kalo bisa ya perda lah. Karena lazimnya anggaran kan harus diteken berdua antara gubernur dengan DPRD. Tapi DPRD masih berkilah. Masih mau terus menggunakan hak angket. Gubernur juga masih mau memperoses secara hukum. Ya sudah. Itu jalan keluar. Yang penting anggaran tidak terlambat,” kata Tjahjo.


Terkait APBD-Perubahan, kata Ahok, rencananya  akan dibahas pada bulan Juli mendatang.


“Tergantung, mungkin bisa Juli, atau Agustus. Kita pun udah ketemu formula. Begitu APBD dia gak bisa serap, taruh aja ke BUMD. Kayak Bank DKI, kayak food station,” kata Ahok, Rabu (1/4).


Editor: Anto Sidharta 

  • pergub
  • DKI
  • Ahok
  • DPRD DKI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!