HEADLINE

KBRI Yaman Evakuasi 262 WNI

"Evakuasi dilakukan melalui jalur darat dengan menggunakan enam bus menuju kota Jizan, kota Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman di bagian barat. "

Gun Gun Gunawan

KBRI Yaman Evakuasi 262 WNI
Pengikut kelompok Houthi menggelar aksi protes di Sanaa, Yaman, untuk menentang serangan udara yang dipimpin Arab Saudi di Yaman, Rabu (1/4). (foto: Antara)

KBR – Kedutaan Besar RI di Yaman berhasil mengevakuasi 262 WNI. Ini merupakan evakuasi pertama yang berhasil dilakukan pasca-serangkaian serangan udara yang dilakukan oleh koalisi negara Arab dibawah pimpinan Arab Saudi sejak 25 Maret lalu. 

Wajid Fauzi, Duta Besar RI untuk Yaman mengatakan, suasana di sana sangat mencekam. Wajid yang juga memimpin langsung evakuasi mengatakan evakuasi dilakukan melalui jalur darat dengan menggunakan enam bus menuju kota Jizan, kota Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman di bagian barat. 

Perjalanan dari kota Al-Hudaidah menuju Jizan memakan waktu 5 jam. Evakuasi dilakukan lewat jalur darat kerena jalur udara diutup sejak pertama kali serangan. 

Menurut pernyataan Kemlu, selain WNI, dalam rombongan terdapat juga dua warga negara Thailand yang ikut dalam proses evakuasi atas permintaan Kedutaan Besar Thailand di Sanaa. WNI tersebut akan dipulangkan ke Indonesia setibanya di Arab Saudi.

Editor: Antonius Eko 

 

  • yaman
  • wni

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!