HEADLINE

Jokowi: Bantuan Untuk Nepal Tiba 3 Hari Lagi

"Bantuan belum bisa dikirimkan lantaran bandara di Nepal ditutup akibat gempa berkekuatan 7,9 Skala Ritcher. Kemungkinan baru bisa masuk sekitar tiga hari ke depan, sambil menunggu tim SAR dan medis."

Aisyah Khairunnisa

Jokowi: Bantuan Untuk Nepal Tiba 3 Hari Lagi
Foto: Danny Setiawan

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia siap untuk membantu Nepal yang baru saja diguncang gempa pada hari Sabtu (25/4) lalu. Namun kini bantuan belum bisa dikirimkan lantaran bandara di Nepal ditutup akibat gempa berkekuatan 7,9 Skala Ritcher. Kata Jokowi, bantuan kemungkinan baru bisa masuk sekitar tiga hari ke depan, sambil menunggu tim Indonesia menyiapkan tim SAR dan medis.

“Kita siap membantu, dan ini masih dalam proses, karena di sanapun bandara tidak bisa dimasuki. Kita sudah cek, apakah nanti akan lewat India atau langsung. Ini masih dalam proses, mungkin dalam tiga atau empat hari (ke depan) baru kita bisa masuk. Termasuk bukan hanya bantuan, tapi juga SAR-nya, tim medis, itu juga baru dalam  proses, kita siapkan,” kata Jokowi di Hotel Grand Hyatt Kuala Lumpur selepas menghadiri jamuan makan malam KTT ASEAN, Minggu (27/4) malam.


Di kesempatan yang sama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa kemarin pihaknya sudah menyampaikan agar Ketua ASEAN (Malaysia) bisa menyampaikan simpati dan duka cita secara resmi bagi pemerintah dan rakyat Nepal. Kata Retno, rencananya hari ini akan ada satu pernyataan khusus dari ASEAN mengenai masalah gempa bumi Nepal tersebut. Hingga kini  


"Di ASEAN tadi pagi saya sudah sampaikan juga pada Ketua ASEAN Malaysia agar kita menyampaikan simpati dan duka cita kita pada pemerintah dan rakyat Nepal. Dan menurut rencana, besok akan ada satu statement khusus dari ASEAN mengenai masalah gempa bumi yg terjadi di Nepal," kata Retno.


Sebelumnya BBC melansir bahwa polisi setempat menyatakan korban akibat gempa sudah mencapai 1.800 orang meninggal dunia. Sebagian besar korban berada di kota-kota besar, termasuk Ibu Kota Nepal Khatmandu.



Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • gempa nepal
  • Indonesia
  • Joko Widodo
  • Retno Marsudi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!