Longsor, 3 Orang Terkubur di Cianjur

"Korban sembilan jiwa dan tiga korban masih terjebak."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 09 Mar 2016 14:58 WIB

Author

Gilang Ramadhan

Longsor, 3 Orang Terkubur  di Cianjur

Ilustrasi

KBR, Jakarta-  Tiga orang terkubur dalam insiden tebing longsor di Cianjur dan masih dalam proses evakuasi. Longsoran tanah menerjang bangunan Cottage Club Bali di dalam kawasan Villa Kota Bunga, Desa Palasari, Cipanas, Cianjur, dinihari   tadi.

Staf Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Jawa Barat, Eka Nugraha, mengatakan, tebing longsor sekitar pukul 00.30 WIB. Longsoran tanah yang menimpa bangunan hotel membuat fondasi lantai pertama amblas. Sebanyak sembilan orang yang berada di hotel terkubur, enam diantaranya berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat dan hanya mengalami luka-luka.

"Korban sembilan jiwa dan tiga korban masih terjebak," kata Eka saat dihubungi KBR, Rabu (09/03/2016).

Eka menjelaskan, posisi korban yang tepat berada di bawah reruntuhan bangunan menyulitkan proses evakuasi. Sementara alat berat belum bisa digunakan karena kondisi kejadian yang miring. Selain itu akses masuk ke lokasi juga cukup sulit.

"Mengenai upaya penanggulangannya ini masih terus dilakukan evakuasi secara manual oleh BPBD Kabupaten Cianjur, TNI, Polri, Damkar dan masyarakat setempat," ujar Eka.

Saat ini petugas masih melakukan pembongkaran dengan alat sederhana untuk membuka jalan evakuasi para korban. Kerugian material dari bencana ini adalah satu unit hotel berlantai dua rusak berat. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Akibat Pandemi, Angka Kehamilan dan Pernikahan di Jepang Turun

Survive Corona ala Gue

Bias Kognitif Dalam Masyarakat Saat Pandemi

Eps4. Berhitung Plastik pada Kopi Senja

Seribu Jalan Penolak Undang-undang Cipta Kerja