HEADLINE

Harga BBM Turun, Tarif Transportasi Umum Turun 3 Persen

"Rata-rata harga BBM turun Rp 500 per liter pada 1 April nanti"

Ninik Yuniati

Harga BBM Turun, Tarif Transportasi Umum Turun 3 Persen
Ilustrasi

KBR, Jakarta- Kementerian Perhubungan mengumumkan penurunan tarif transportasi umum sebesar 3 persen, menyusul penurunan harga BBM sebesar 500 rupiah per 1 April 2016. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan akan mengirimkan surat edaran kepada seluruh kepala daerah. 

"Kita akan kirim surat kepada semua kepala daerah sesuai kewenangan, itu kurang lebih penurunannya sekitar 3 persen, tergantung pakai premium atau solar. Ini meliputi penyeberangan, kapal laut, kereta api, transportasi darat antarkota, antarprovinsi, antarkota dalam provinsi dan dalam kota," kata Jonan di kantor Presiden, Rabu (30/3).

Kata dia, penurunan tarif ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo.

"Saya minta Menteri Perhubungan bisa mengatur agar tarif transportasi bisa turun, jangan kalau naik, ikut naik (ber) lipat, tapi kalau turun diam saja," kata Jokowi ketika membuka ratas tentang penurunan harga BBM.

Jonan menambahkan, penurunan tarif transportasi umum ini langsung berlaku sejak harga BBM turun, tetapi tidak berlaku bagi tiket yang telah dijual sebelum 1 April. 

"Ini mulai berlaku sejak penurunan tarif, hanya tidak bisa semua moda serta merta. Kalau dengan sistem tiket, kalau sudah dijual duluan, ini tidak bisa, harus disesuaikan waktunya," ujar Jonan.

Editor: Dimas Rizky

  • Harga BBM Turun
  • BBM
  • Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!