HEADLINE

Gerhana Matahari Total, Pemkot Balikpapan Gelar Atraksi Budaya

"Tingkat hunian di Kota Balikpapan sudah mencapai 90 persen. "

Teddy Rumengan

Gerhana Matahari Total (Foto: ahtechno.com)
Gerhana Matahari Total (Foto: ahtechno.com)

KBR, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memastikan akan menggelar atraksi budaya dan wisata kuliner gratis saat gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang. Kota Balikpapan menjadi salah satu daerah dari sembilan daerah di Indonesia yang akan dilewati gerhanan matahari total.


Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kota Balikpapan Oemy Facesly mengatakan, gerhana matahari total menjadi momen untuk mendongkrak pariwisata Kota Balikpapan. Karenanya digelar beberapa kegiatan seperti panggung hiburan rakyat, lomba perahu naga, lomba poerahu naga hingga pemecahan rekor dunia.


Menurutnya, Pemerintah Kota Balikpapan akan menggelar nonton bareng di dua tempat yakni Pantai Manggar Balikpapan Timur dan di Lapangan Merdeka Balikpapan Kota. Di Pantai Manggar warga bisa menyaksikan gerhana matahari total selama 50 detik. Sedangkan di Lapangan Merdeka bisa menyaksikan selama 1 menit 15 detik.


“Kami persiapan nanti dilapangan Merdeka itu nanti ada panggung atraksi budaya, ada rampak mgendang dan kami ada artis. Artis ini sumbangan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur,” kata Oemy Facesly.


Dia menambahkan, ada 12 astronom dunia, peneliti hingga wartawan internasional, ternasuk wisatawan mancanagera akan berkunjung ke Kota Balikpapan uyntuk menyaksikan momen bersejarah tersebut.  


Hingga akhir Februari tingkat hunian di Kota Balikpapan mencapai 90 persen, khususnya sehari sebelum gerhana matahari total banyak yang telah memesan hotel. 


Editor: Citra Dyah Prastuti

  • gerhana matahari total

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!