KABAR_BISNIS

12 tahun YPA-MDR: Membina lebih dari 23.000 Siswa di Wilayah Prasejahtera

12 tahun YPA-MDR: Membina lebih dari 23.000 Siswa di Wilayah Prasejahtera

Memasuki usia 12 tahun, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) telah berkontribusi sebagai penggerak kemajuan pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera dengan melakukan program-program pembinaan yang adaptive/agile, innovative dan impactful (berdampak) berbasis pada empat pola pembinaan terintegrasi yaitu akademik, seni budaya, karakter dan kecakapan hidup.

Kontribusi YPA-MDR untuk Pendidikan Indonesia

Perjalanan YPA-MDR berawal dari gagasan Presiden Direktur Astra periode tahun 2005–2010, almarhum Michael D Ruslim, yang memberikan amanah melalui visi, misi, strategi dan program-program yang secara khusus ditujukan untuk daerah prasejahtera khusus di bidang pendidikan dalam rangka kontribusi sosial berkelanjutan untuk daerah prasejahtera dan 3T (terluar, terdepan, tertinggal), dalam upaya mewujudkan cita-cita Astra yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”.

“Menapaki usia yang ke-12 ini, jumlah sekolah binaan YPA-MDR telah mencapai 106 sekolah yang tersebar di 16 kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur dengan total guru binaan 1.509 orang dan siswa binaan 23.819 orang. Lebih jauh lagi, terdapat 33 sekolah binaan yang sudah mencapai sekolah unggul dan 18 sekolah binaan berada dalam tahapan proses unggul. Sementara itu, dalam penilaian status sekolah terdapat 43 sekolah binaan yang terakreditasi A.” tutur Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo

YPA-MDR yang semakin tumbuh dengan membangun karakter insan YPA-MDR dengan motto, ‘Melayani dengan Hati’, mengusung nilai-nilai inti dalam core values ’CerDAS (Cermat, Dinamis, Antusias, Sinergis)’, menerapkan pola pembinaan terintegrasi 4 pilar program (akademik, karakter, kecakapan hidup, seni Budaya),dan konsep sekolah eskalator dalam pemenuhan wajib belajar 12 tahun, serta berbagai program unggulan dan strategis, seperti SCS (School Collaboration System), matematika metode GASING, Guru Muda Garda Depan (GMGD) dan program-program ikonik yang melahirkan generasi pengusaha muda (UKM) seperti Kampung Pembatik Cilik, KEMUDI (Komunitas Enterpreneur Muda Independen), Desa Wisata Budaya, dan masih banyak yang lainnya.

Peringatan 12 tahun YPA-MDR

• Gerakan Penghijauan Indonesia (7-26 Januari 2021)

Gerakan ini melibatkan sekolah binaan, mitra dan seluruh masyarakat, tercapai penanaman pohon atau tanaman baru sebanyak 8.443 pohon dari target 7.121 pohon, angka ini melambangkan tanggal ulang tahun YPA-MDR ke-12 yaitu 7 Januari 2021. Melalui gerakan ini, YPA-MDR mengajak semua pihak bersama-sama melakukan aksi nyata dalam menjaga kesehatan diri dan bumi dengan menambah jumlah pohon penghasil oksigen di lingkungan sekitar.

• Lomba Cerdas Cermat Virtual (7-20 Januari 2021)

• Lomba Menyanyi “Mars Sekolah Unggul” (7-18 Januari 2021)

• Talkshow “Kupas Tuntas Asesmen Nasional” (26 Janauri 2021)

Talkshow dengan konsep webinar ini menghadirkan narasumber Kepala Pusat Asesmen dan Pemberlajaran (PUSMENJAR) Kemdikbud RI, Dra. Asrijanty,M.A., Ph.D. yang di hadiri oleh lebih dari 600 peserta yang berasal dari sekolah binaan dan non binaan YPA-MDR.

YPA-MDR mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait mendukung dan turut berkontribusi memajukan dunia pendidikan khususnya di daerah prasejahtera.

  • adv
  • YPA-MDR
  • ASTRA
  • pendidikan
  • akademik
  • seni
  • budaya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!