Pemkab Banyuwangi Siapkan Ratusan juta untuk Beasiswa Penyandang Disabilitas

Beasiswa kuliah sampai selesai sesuai dengan jurusan yang diminati.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 22 Feb 2016 14:05 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Pemkab Banyuwangi Siapkan  Ratusan juta untuk Beasiswa Penyandang Disabilitas

Ilustrasi (foto: KBR/Yulius M.)

KBR, Banyuwangi- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, mengalokasikan anggaran Rp. 300 juta untuk beasiswa khusus penyandang disabilitas. Dana itu diambil dari anggaran program beasiswa Banyuwangi cerdas tahun  ini.  Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiono mengatakan, penyandang disabilitas anak yang memenuhi syarat akan diberi fasilitas beasiswa kuliah sampai selesai sesuai dengan jurusan yang diminati.

Kata dia, beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup.  Bagi anak penyandang disabilitas yang memiliki prestasi apapun baik akademik, seni dan lainnya bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini melalui sekolah dan desa atau lembaga terkait. Beasiswa ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM sekaligus menciptakan akses pendidikan yang sama untuk semua anak.
 
“Ingklusi itu anak anak berkebutuhan khusus (ABK) yang sekolah di umum. Itu juga tercatat sebagai anggota kita, bagi mereka-mereka yang berprestasi baik itu akademik maupun non akademik itu kita beri beasiswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiono, Senin (22/2/2016). 

Sulihtiono melanjutkan, "sehingga kita kawal sampai bisa menyelesaikan sampai sarjana. Pertama dalam arti akademik kan ada yang pelari nomor satu provinsi itu nanti ada kriterianya."
 
Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiono menambahkan, Beasiswa anak penyandang disabilitas itu melengkapi beasiswa Banyuwangi Cerdas yang tahun ini dialokasikan Rp 3,75 miliar. Beasiswa itu juga dimanfaatkan untuk membiayai anak-anak muda Banyuwangi berkuliah di berbagai perguruan tinggi.
 
Selain beasiswa, Pemkab Banyuwangi memfasilitasi pelatihan keterampilan bagi para penyandang disabilitas. Di antaranya pelatihan memijat bagi penyandang tuna netra serta pemberian materi tentang usaha ekonomi produktif. Sulihtiono berharap, ada sinergi yang baik antara berbagai stakeholder baik pemerintahan daerah maupun pihak swasta dalam membantu penyandang disabilitas Banyuwangi yang jumlahnya mencapai 4.453 orang.
 
Salah satu wujud nyata untuk mendorong peningkatan kualitas SDM tanpa terkecuali untuk penyandang disabilitas adalah dengan memperbanyak sekolah-sekolah inklusif yang ditunjang dengan fasilitas dan guru berkompeten. Saat ini Banyuwangi memiliki 122 sekolah inklusif yang menerima 453 siswa penyandang disabilitas. Sekolah itu terdiri atas 29 sekolah PAUD, 44 SD/MI, 26 SMP/MTs, dan 23 SMA/MA/SMK.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?