HEADLINE

Jembatan Tayan Kalimantan Barat Senilai 1 Triliun Mulai Dibuka

"“Dibuka sementara untuk umum. Nanti sampai keluar rekomendasi akan ditutup lagi.""

Jayanti Mandasari

Jembatan Tayan Kalimantan Barat Senilai 1 Triliun Mulai Dibuka
Jembatan Kapuas Tayan (Sumber: Pemprov Kalbar)

KBR, Pontianak- Jembatan Kapuas Tayan, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat mulai dibuka bagi kendaraan umum. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Barat, Jakius Sinyor  mengatakan, keputusan untuk membuka akses bagi kendaraan umum itupun dipastikan tidak akan berdampak buruk bagi kondisi fisik jembatan. Alasannya sebelumnya uji beban telah dilakukan pada jembatan yang memakan waktu hingga 3 tahun pengerjaan itu.

Lebih lanjut Jakius Sinyor menambahkan, batas waktu dibukanya akses jembatan untuk masyarakat umum itu, nantinya akan merujuk pada rekomendasi yang dikeluarkan oleh kementerian pekerjaan umum. Rekomendasi itu  berisi mengenai laik pakai jembatan.

“Dibuka sementara untuk umum. Nanti sampai keluar rekomendasi akan ditutup lagi. Ditutup lagi barulah persemian. Rekomendasi dari pak menteri untuk laik dipakai dan merekakan sudah bilang katanya sudah bagus," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Barat, Jakius Sinyor  kepada KBR di Pontianak, Jumat, 19 Februari. 

Jakius melanjutkan, "pokoknya inikan tinggal seremonialnya saja.  Kita tidak tahu kapan dan pak Gubernurlah yang tahu itu. Mungkin diperkirakan Maret."

Hingga kini belum ada kepastian waktu kapan Presiden Joko Widodo akan meresmikan jembatan Kapuas Tayan.

Pengerjaan jembatan Kapuas Tayan telah rampung sejak akhir 2015. Pembangunan menghabiskan dana hampir 1 triliun rupiah bersumber dari pinjaman Asian Development Bank (ADB) dan sharing APBN sebesar 10 persen.

Jembatan Kapuas Tayan disebut sebagai jembatan ketiga terpanjang di Indonesia. Panjang  bentangan jembatan Kapuas Tayan 1420 meter, dengan lebar 11 meter dan beban jembatan mencapai 200 ton.

Selain, sektor pariwisata hingga bisnis memiliki peluang besar untuk dapat dikembangkan di sekitar jembatan yang dibangun dalam waktu 3 tahun itu.

Mengingat, lajunya arus lalu-lintas masyarakat khususnya mereka yang berasal dari provinsi-provinsi di pulau Kalimantan. 

 Sebelumnya, wakil gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya, mengatakan,  keberadaan jembatan Kapuas Tayan akan membuka akses serta potensi bagi calon investor untuk menanamkan modalnya di sekitar wilayah jembatan.Selain itu terbukanya akses bagi masyarakat dari provinsi  lainnya untuk dapat mengunjungi  Kalimantan Barat. 


Editor: Rony Sitanggang

  • jembatan Kapuas Tayan
  • wakil gubernur Kalimantan Barat
  • Christiandy Sanjaya
  • Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Barat
  • Jakius Sinyor

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!