HEADLINE

Dua Perahu Tenggelam Dihajar Gelombang Tinggi di Pantai Jetis Cilacap

"Dua nelayan yang tenggelam masih dicari."

Muhamad Ridlo Susanto

Dua Perahu Tenggelam Dihajar Gelombang Tinggi di Pantai Jetis Cilacap
Ilustrasi (Foto: KBR/Erwin J.)

KBR, Cilacap– Dua perahu nelayan beserta awaknya dilaporkan tenggelam akibat dihantam gelombang tinggi Senin pagi, di Pantai Jetis Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Koordinator Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Cilacap, Mulwahyono mengatakan perahu tenggelam berserta empat awaknya. Satu orang bisa menyelamatkan diri sedangkan tiga orang lainnya turut tenggelam.

 

Mulwahyono mengungkap satu korban tenggelam sudah ditemukan pada pukul 11:15 WIB. Korban tersebut atas nama Sugeng (50) warga Nusawungu. Namun, dua nelayan tengelam lainnya hingga kini belum ditemukan.


Dia menjelaskan Tim SAR gabungan menerjunkan 32 personil, yang terdiri dari SAR Jetis, Basarnas Pos Cilacap, SAR Elang Walet Perkasa Kabumen sebanyak 15 personil.


"Jadi untuk penanganannya kita masih melakukan dengan penyisiran dan pencairan di sepanjang pantai, terutama di lokasi yang berdekatan dengan lokasi TKP ya. Dari tengah kita juga menggunakan rit dan perahu SAR." Jelas Koordinator Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Cilacap, Mulwahyono, Senin (11/01/2016).

Mulwahyono melanjutkan, "satu korban kan sudah ditemukan tadi jam 11.15 WIB atas nama Sugeng, alamat Nusawungu ya. (Yang lain?) Kita masih adakan pencarian."

Koordinator Basarnas Cilacap, Mulwahyono menjelaskan kapal yang tenggelam tersebut berlayar di zona yang sebenarnya dilarang untuk mencari ikan. Pasalnya, di zona tersebut kerap muncul gelombang ombak besar yang tidak bisa diprediksi.

Dia menambahkan, Ahad (10/1) kemarin, dua wisatawan juga hilang akibat digulung ombak di perairan ini. Satu wisatawan asal Purbalingga ditemukan tewas. Sedangkan satunya lagi belum ditemukan.

Mulwahyono mengimbau agar wisatawan, nelayan dan pengguna transportasi laut mewaspadai cuaca buruk dan gelombang tinggi yang akhir-akhir ini terjadi di perairan selatan Jawa Tengah. 


Editor: Rony Sitanggang

  • Koordinator Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Cilacap
  • Mulwahyono
  • gelombang tinggi
  • nelayan hilang
  • Pantai Jetis Kabupaten Cilacap
  • Jawa Tengah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!