NUSANTARA

PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon Peserta Pilkada Kota Yogyakarta

"Masyarakat yang punya komitmen untuk memajukan Kota Yogyakarta bisa mengambil formulir di kantor DPC PDIP setempat atau mendaftar secara online."

Ken Fitriani

PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon Peserta Pilkada Kota Yogyakarta
Konferensi pers pendaftaran bakal cawalkot Yogyakarta di Kantor DPC PDIP, Yogyakarta, Senin (29/4/2024). (Foto: KBR/Ken Fitriani)

KBR, Yogyakarta - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November mendatang, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta membuka pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota untuk masyarakat umum.

Pendaftaran dibuka mulai 29 April - 20 Mei 2024.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Eko Suwanto mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh bakal calon walikota dan wakil walikota Yogyakarta.

Diantaranya adalah pemimpin Kota Yogyakarta harus mampu menghadirkan kebijakan publik yang membawa kesejahteraan dan membahagiakan hatinya rakyat.

"Di dalam pilkada tahun 2024 ini akan mendukung tokoh yang memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan tentu saja keistimewaan DIY, yang semua didedikasikan untuk apa yang disebut di dalam tema hari ini adalah berjuang untuk membahagiakan hatinya rakyat," kata Eko Suwanto, di Yogyakarta, Senin (29/4/2024) sore.

"Tentunya kandidat yang akan didukung adalah sosok yang punya komitmen dalam mempraktekkan konstitusi. Juga permasalahan di Kota Yogyakarta mulai dari pengangguran, kemiskinan hingga sampah yang menumpuk di berbagai sudut kota," lanjut Eko.

Baca juga:


Eko menyebut, dipilihnya penutupan pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota pada tanggal 20 Mei dimaksudkan gar para calon menghikmati semangat kebangkitan nasional dimana setiap pribadi calon wajib kedepankan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan keluarga.

"Terlebih Kota Yogyakarta memiliki wajah sejarah dalam kemerdekaan Indonesia, " katanya.

Meski memiliki kesempatan mengusung calon sendiri dengan perolehan suara yang ada, Eko mengatakan, PDI Perjuangan terbuka berdialog semua pihak.

PDI Perjuangan Yogyakarta akan menerima seluruh pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota Yogyakarta dan melaporkan ke DPD dan DPP PDI Perjuangan untuk diproses.

"Siapapun sosok yang direkomendasikan oleh DPP PDI Perjuangan untuk maju sebagai pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta beserta seluruh Banteng Jogja siap untuk memenangkan pasangan calon walikota dan wakil walikota yang direkomendasikan DPP PDI Perjuangan. Kita akan laksanakan perintah Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri dengan iklas dan penuh tanggung jawab dengan turun bertemu rakyat," katanya.

Ketua Panitia Pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta PDI Perjuangan, Wisnu Sabdono Putro mengatakan bagi masyarakat yang punya komitmen untuk memajukan Kota Yogyakarta bisa mengambil formulir di kantor DPC PDIP setempat atau mendaftar secara online.

"Kami membuka seluas-luasnya bagi siapapun. Tokoh-tokoh yang sudah mendaftar di parpol lain, kami tidak menutup diri," pungkasnya.

Editor: Agus Luqman

  • Pilkada 2024
  • pilkada serentak
  • Yogyakarta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!