BERITA

Jelang Putusan ULMWP, Kemenlu: Harus ada Kesepakatan dari Indonesia

Jelang Putusan ULMWP, Kemenlu: Harus ada Kesepakatan dari Indonesia

KBR, Jakarta-  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menekankan, keputusan Melanesian Spearhead Group (MSG) harus mempertimbangkan kesepakatan anggotanya. Ini menanggapi jelang putusan diterima atau tidaknya Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) menjadi anggota MSG pada 13-14 Juli mendatang.

Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir mengatakan, posisi Indonesia saat ini sebagai associate member atau anggota rekanan MSG.


"Seperti yang kita ketahui Indonesia sebagai associate member di MSG. Di situlah kehadiran kita di sana. Tentunya semua pembahasan kita berusaha akan terus terlibat di dalam situ. Apapun nanti yang diputuskan di MSG tentunya harus mendapat kesepakatan dari seluruh anggota yang ada di sana," kata Arrmanatha di Gedung Kemenlu Jakarta, Senin (11/07/2016).


Sebelumnya, Sekretaris Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Ones Suhuniap optimistis ULMWP akan diterima sebagai anggota penuh MSG. Ini lantaran persyaratan menjadi sebagai anggota sudah dipenuhi ULMWP. Di antaranya membentuk wadah persatuan dan menjadi anggota observer organisasi ras Melanesia lintas negara itu selama setahun.


Apabila diterima sebagai anggota penuh MSG, ULMWP akan memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri di luar Indonesia atau referendum. Kata Ones, KNPB akan menggelar aksi damai jelang keputusan 13 Juli mendatang di Papua.  

  • ulmwp
  • melanesian spearhead group MSG
  • Sekretaris Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Ones Suhuniap
  • Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir

Komentar (5)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Boy Papuan8 years ago

    ULMWP Yakin pasti tanggal 14 Juli sudah Terdaftar Full menjadi Anggota MSG .... dan Tingal Hitung Hari lagi menuju ke Meja PENENTUAN NASIB SENDIRI Bagi Bangsa WEST PAPUA ((((( FREEDOM WEST PAPUA)))))

  • Aku Melanesia Papua8 years ago

    NKRI Baru bangun dari ketiduran dan matanya ditutupi oleh darah oap yang bunuh.. tapi.. ULMWP pasti.. pasti dan pasti dengan suatu keyakinan yang kuat akan menjadi anggota Full member di MSG... Tinggal melangkah rencana selanjut ke PIF....

  • papuapost8 years ago

    Menjadi anggota penuh, peninjau dan associate sebenarnya bukan masalah yang besar. Peristiwa besar sudah terjadi, yaitu ULMWP sudah diterima sebagai perwakilan rakyat Papua "di luar negeri". Jadi kita biarkan wacana di tempatnya saja, jangan emosional mengarakan sebuah realitas kepada subyektifias yang sentimentil. Kita harus berbicara dan berpikir rasional, dengan kepala dingin, kedua belah pihak, NKRI dan West Papua memang harus berani sama-sama membuka diri, duduk sama-sama berbicara tentang masa depan Tanah Papua. MSG adalah platform yang sudah tersedia dengan baik, mari kita bicara, bicara dan bicara, bukan menutupi, bukan menuduh, bukan menstigmatisasi, itu semua permainan bodoh dan tidak bermartabat.

  • Save Our Papua8 years ago

    Indonesia harus tahu dan sadar sepenuhnya....bukan setengah2, bahwa Tanah Papua adalah ras Melanesia dan pemilik Tanaha ini adalah rumpun Melanesia...bukan Melayu....sebaiknya Indonesia mengenali dirinya baik2. Karena Jakarta datang merampas hak2 OAP dan dengan paksa mengindonesiakan OAP tetapi sampai dunia kiamatpun tidak akan terjadi. Indonesia sadar atau tidak sadar pasti West Papua akan merdeka dan berdiri sendiri setara dengan bangsa2 lainnya di muka bumi. !!!!!!! Amin!!!!!!!!

  • apner8 years ago

    Posisi Indonesia saat ini sebagai associate member atau anggota rekanan MSG bukan anggota MSG Full kan, kalimat ini berarti Indonesia tdk punya dasar hukum untuk memberikan Persetujuan kpd Bangsa Papua, dan yang lebih parahnya lagi di dunia mana yang ada musuh memberikan lawannya amunisi untuk menembaknya. ORANG ASLI PAPUA tidak bodoh, dan Hari ini 13 Juli 2016 Secara Resmi ULMWP telah terdaftar di MSG. Thanks