Soft Launch Agrinex Expo ke 11

Kamis, 12 Jan 2017 16:59 WIB

"Mei 2005 resolusi di usia 40 th bagaimana kedepannya bisa berkontribusi kepada Dunia Agribisnis Indonesia dalam benak saya sebagai Alumni IPB yang sering di tuding sebagai pihak yang bisa segalanya tapi tidak untuk pertanian". Demikian tutur Ir. Rifda Ammarina, President Director Performax, EO penyelenggara Agrinex Expo ke 11.

Rifda mengisahkan pertemuannya pada Agustus 2005 dengan Prof Asep Saefudin wakil Rektor IPB, yang saat itu sedang mencari jalan keluar menurunnya minat lulusan SMU ke Fakultas2 terkait Pertanian yang sudah berdampak dengan penutupan beberapa Fakultas Pertanian di berbagai daerah.

Desember 2005 di tanda tangani kerjasama antara IPB, Performax dengan dukungan HIPMI pimpinan Sandiaga S. Uno di IPB untuk di gelarnya Agrinex pertama maret 2007.

Kamis, 12 Januari 2017, bertempat di Kementerian Pertanian soft launching Agrinex 2017 tahun ke 11 yang secara konsisten digelar setiap maret setiap tahunnya di Jakarta Convention Centre. Gelaran yang sudah mencapai tujuan awal saat Agrinex ke 4 kalinya dan sekarang tetap memperjuangkan Agribisnis yang produknya menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Saat ini Agribisnis di perbincangkan dengan berbagai nada nada pesimis karena kita masih import dan jenis pangan import makin beragam, nada marah karena harga cabe mengalahkan harga daging padahal cabe di konsumsi kaya miskin setiap harinya. Ada juga nada sumringah karena kopi kita mendunia, juga sawit kita terbesar di Dunia.

Tetapi mengapa pangan kita import? itulah yang sedang Agrinex perjuangkan  menyatukan semua stakeholder, merangkul semua kepentingan untuk tujuan yang sama bagaimana pangan lokal saat ini bisa memberi makan bangsa sendiri  dan kemudian menberi makan Dunia.

Bertema "Food for all seasons" artinya dengan semangat kerja pelaku pertanian di semua level dengan dukungan lahan  infrastruktur dan logistic serta industri pengolahan skala menengah tersebar yang memadai akan menjamin ketersediaan pangan di negeri ini sepanjang tahun menjadi sesuatu inshaa Allah akan terjadi.

Untuk itu Kementrian terkait, Pemerintah Daerah, pelaku usaha swasta, Perguruan Tinggi, lembaga swadaya masyarakat, media Nasional bergandengan tangan menampilkan wajah optimis dunia agribisnis Indonesia di 11th Agrinex Expo, JCC 31 maret-2 april 2017.

Mohon support media memberitakan semua terkait Agrinex sejak sekarang sampai dengan meliput event terkait Agrinex agar berdampak kepada partisipasi luas masyarakat sebagai konsumen untuk melakukan pembelaan kepada produk lokal di tengah pasar bebas produk pangan dunia di pasar Indonesia.

Agrinex adalah kerjasama 12 tahun Performax dengan IPB dengan dukungan semua kementerian dan Kadin Indonesia, Apindo, IWAPI, KAAI dan DRI adalah perjalanan yang masih terus berjalan karena pangan bukan sekedar perbincangan, pangan adalah kebutuhan dasar yang melekat di semua level kehidupan dan mendukung semua program sehingga dinamis untuk terus di perjuangkan.

Semoga semua media dapat terus berperan menjadi penyambung rasa Agrinex, yang bukan sekedar Expo Agribisnis tapi sebuah gelaran edukasi dan promosi yang menampilkan wajah agribisnis Indonesia yang menyatukan rasa oprtimisme di sektor Agribisnis untuk Indonesia kedepan yang lebih baik. 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Penggantian Ketua DPR Dinilai Tak Perlu Tergesa-gesa

  • PKB: Keputusan Golkar Terkait Posisi Setnov Menyandera DPR
  • Mendagri: Usulan Tim Gubernur Anies Melebihi Kapasitas yang Diatur Undang-undang
  • Golkar Resmi Dukung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim