NUSANTARA

Smart City DIY Rampung Sebelum Lebaran, Mobilitas Kendaraan Bakal Dipantau AI

"Sistem itu bakal memudahkan polisi memantau pergerakan masyarakat saat mudik Lebaran tahun ini."

Ken Fitriani

Smart City DIY Rampung Sebelum Lebaran, Mobilitas Kendaraan Bakal Dipantau AI
Kapolda DIY Suwondo Nainggolan saat ditemui di DPRD DIY, Rabu (13/3/2024). (Foto: KBR/Ken).

KBR, Yogyakarta - Sistem smart city di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditargetkan rampung dan bisa digunakan sepekan sebelum Lebaran. Kapolda DIY Suwondo Nainggolan mengatakan sistem itu bakal memudahkan polisi memantau pergerakan masyarakat saat mudik Lebaran tahun ini.

"Semoga enggak meleset. Kurang satu minggu sebelum Lebaran itu sistem smart city kami sudah jadi. Jadi selain pasukan di lapangan, kontrol utama itu akan lewat smart city Korlantas," kata Suwondo saat ditemui di DPRD DIY, Rabu (13/3/2024).

Suwondo menambahkan, Yogyakarta menjadi kota keempat yang menggunakan sistem smart city. Jika sistem tersebut sudah dapat digunakan, dia mengeklaim pergerakan kendaraan di dalam kota akan termonitor dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI).

"Kemudian kami menyiapkan diri justru tingkat masuknya kendaraan itu di hari kedua Lebaran. Jadi di saat yang lain mudik Lebaran, di Yogya itu tidak terlalu besar mobilitasnya," ucapnya.

Berdasarkan evaluasi yang kepolisian, dia menuturkan kepadatan kendaraan di Yogyakarta akan terjadi di Lebaran hari kedua.

"Karena mereka yang hendak bersilaturahmi sekaligus liburan, jadi hari kedua itu banyak kendaraan," pungkasnya.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

  • DIY
  • Yogyakarta
  • Polisi
  • Idulfitri
  • Lebaran 2024
  • smart city

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!