NASIONAL

PDIP Gugat ke PTUN, TKN: Tak Berpengaruh

"Tapi ya sekali lagi kita hormati langkah-langkah PDIP, karena itu adalah haknya."

Astri Septiani

PDIP Gugat ke PTUN, TKN: Tak Berpengaruh
Pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) di depan Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

KBR, Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid, menghormati keputusan Tim Hukum PDI Perjuangan yang melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Mereka menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang meloloskan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Nusron meyakini langkah PDIP itu tidak akan berpengaruh terhadap penetapan hasil Pilpres 2024.

"Tidak ada proses hukum lain selain Mahkamah Konstitusi. Jadi pemilu itu hanya dua, yang berhak untuk mengadili. Pertama Bawaslu kalau pada masalah proses. Yang nomer dua adalah Mahkamah Kkonstitusi kalau menyangkut masalah hasil. Jadi kalau masalah PTUN apa yang mau di PTUN-kan? Tapi ya sekali lagi kita hormati langkah-langkah PDIP, karena itu adalah haknya, haknya bagian dari komponen bangsa untuk menyampaikan itu," kata Nusron di Gedung KPU, Rabu (24/4/2024).

Nusron menyebut gugatan ke PTUN juga tak berpengaruh terhadap masalah subtansi, legalitas subtansi, legitimasi hukum, legitimasi rakyat, maupun legitimasi pemilih.

Dia menilai gugatan ke PTUN itu dalam rangka menjaga momentum perjuangan internal PDIP.

"Tapi tidak berpengaruh apa-apa terhadap proses legitimasi hasil pemilu," tambahnya.

Baca juga:

Sebelumnya, Tim hukum PDIP menggugat KPU ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) karena dinilai melakukan perbuatan melawan hukum dengan meloloskan pencalonan Gibran Rakabuming Raka. Mereka meminta KPU menunda penetapan Prabowo-Gibran sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

Editor: Wahyu S.

  • #kabar pemilu KBR
  • #PemiluDamaiTanpaHoaks
  • Pilpres 2024
  • sengketa pilpres
  • PDIP
  • Prabowo-Gibran

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!