NASIONAL

Mudik Lebaran 2024 Diperkirakan Naik Hingga 6 Persen

""Kalau tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat Indonesia yang melakukan mudik, balik, dan berwisata selama libur Idulfitri.""

Heru Haetami

Mudik 2024
Ilustrasi: Kemacetan di tol Palimanan saat mudik 2017. (Antara)

KBR, Jakarta-  Korps lalu lintas (Korlantas) Polri memprediksi mobilitas masyarakat saat mudik lebaran mencapai 136 juta orang. Prediksi lonjakan itu disampaikan Kepala Korlantas Polri Aan Suhanan dalam Rapat Koordinasi Arus Mudik 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (05/03).

Aan mengungkap, jumlah tersebut meningkat 5 hingga 6 persen dibanding Idulfitri tahun lalu.

"Kalau tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat Indonesia yang melakukan mudik, balik, dan berwisata selama libur Idulfitri. Kalau ditambah 5 sampai 6 persen itu ada di angka 136 juta, 136,7 juta tepatnya. Artinya ini perlu dikelola dengan baik," kata Aan di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Aan mengatakan mengatakan, akibat lonjakan jumlah pemudik itu, arus lalu lintas di sejumlah tol juga diprediksi akan lumpuh.

"Artinya ini akan terjadi stuck ya, bukan macet lagi, berhenti, arus lalu lintas berhenti. Untuk itu kita adakan intervensi, kita adakan persiapan-persiapan ya, kita mulai menghitung, kita simulasikan dengan beberapa tahapan simulasi," katanya.

Baca juga:

Kepala Korlantas Polri Aan Suhanan meminta seluruh jajaran polda agar memberikan sejumlah intervensi untuk mengurai kemacetan saat momen mudik nanti.

Intervensi yang dilakukan mulai dari pembatasan kendaraan terutama angkutan barang, kemudian menambah kapasitas jalan dengan melakukan contraflow yang dihitung mulai satu-dua lajur sampai lajur maksimal, serta penambahan kapasitas jalan dengan melaksanakan one way.

"Intervensi 1, 2, 3, kecepatanya visi rasio yang di bawah 0,8. Karena kita targetnya 0,8. 0,8 itu kecepatan kurang lebih berapa 20, 10 sampai 20 km/jam itu terjadi pelambatan tapi masih berputar. kita ingin angkanya di bawah 0,8." Ujarnya.

Editor: Rony Sitanggang

  • mudik 2024
  • Lebaran 2024
  • Idulfitri 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!