NASIONAL

Jokowi Yakin Sejumlah Infrastuktur di IKN Rampung Agustus 2024

" "Dan kalau melihat seperti ini akan selesai lah kira-kira sebelum Agustus.""

Heru Haetami

Jokowi RSUP IKN
Presiden Jokowi (tengah) saat ground breaking PLTS untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengeklaim progres pembangunan beberapa infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan melebihi target. Jokowi yakin ada beberapa infrastruktur yang bisa digunakan Agustus 2024.

"Melebihi target sedikit, bisa digunakan di awal Agustus sebelum upacara sudah bisa digunakan. Ini yang saya bilang setelah yang satu masuk, yang lain pasti berbondong-bondong, yang lain berbondong, yang di belakang akan berbondong-bondong. Dengan ini yang berbeda-beda ada hotel, ada mal, sport center, ada rumah sakit tapi memang progres setiap bulan harus dicek dilihat," kata Jokowi saat meninjau pembangunan infrastruktur di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (20/12/2023).

Jokowi menyebut salah satu bangunan yang perkembangannya cepat adalah Hotel Nusantara. Dia berharap progres infrastruktur lainnya sama, sehingga mencapai target yang sama.

"Hotel Nusantara bintang 5 sudah selesai dari September, Oktober, November, Desember, selesai 34 persen. Dan kalau melihat seperti ini akan selesai lah kira-kira sebelum Agustus. Tadi saya tanya selesai. Ini saya kira yang lain-lain mestinya progresnya akan kurang lebih mirip-mirip seperti Hotel Nusantara," katanya.

Baca juga:

Jokowi mengeklaim, investor lokal selain dari Jawa sudah mulai masuk ke IKN.

"Itu juga baik. Jadi memang saya sampaikan yang diutamakan itu investor dalam negeri dulu. Apalagi bukan hanya dari Jawa, bukan hanya dari Jakarta, ada yang dari investor dari Balikpapan juga ikut memulai. Ini agak sangat bagus, sangat bagus untuk investasi ada yang sudah mulai berinvestasi," ujarnya.

Jokowi meyakini investor lokal yang menanam modal di IKN sudah memiliki kerja sama dengan investor asing.

"Selama yang di domestik masih berbondong-bondong, tapi juga sebetulnya yang investor dalam negeri pun sebetulnya itu juga sudah partneran sama yang asing. Satu dua juga saya tahu sudah sama asing," ucap Jokowi.

Editor: Wahyu S.

  • IKN
  • Presiden Jokowi
  • investor dalam negeri
  • investasi
  • Ibu Kota Nusantara

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!