NASIONAL

Jokowi Resmikan 147 Unit Bangunan yang Rusak Akibat Gempa di Sulbar

" "Saya sampaikan pada saat gempa yang lalu. Ini dibangun, ini dibangun, saya lihat tadi alhamdulillah sudah selesai,”"

Ardhi Ridwansyah

Peresmian infrastruktur pascagempa Mamuju
Presiden Jokowi meresmikan infrastruktur pascagempa di SMKN 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Selasa (23/04/24). (Setpres)

KBR, Jakarta-   Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan dan infrastruktur di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat yang sebelumnya rusak akibat gempa berkekuatan 6,2 magnitudo pada 15 Januari 2021.

Selain membangun 147 unit bangunan, pemerintah juga melakukan pembangunan tiga ruas jalan sepanjang 22,4 kilometer yang ditangani melalui Inpres Jalan Daerah.

Kata dia, pembangunan tersebut memakan anggaran pemerintah pusat sebesar Rp1,31 triliun.

“Sebanyak 147 unit bangunan dan infrastruktur yang telah direhab dan direkonstruksi adalah 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan, termasuk di SMK 1 Rangas ini, 1 gedung peribadatan, 1 fasilitas olahraga, 7 rumah susun, 2 rumah adat dan 17 prasarana air minum,” kata Jokowi di SMK Negeri 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (23/4/2024).

Jokowi bercerita bahwa rekonstruksi dan rehabilitas bangunan rusak akibat gempa di wilayah tersebut atas perintah langsung dirinya.

“Rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur di Mamuju dan pada umunya di Provinsi Sulawesi Barat atas instruksi perintah langsung yang saya sampaikan pada saat gempa yang lalu. Ini dibangun, ini dibangun, saya lihat tadi alhamdulillah sudah selesai,” jelasnya.

Baca juga:

Presiden Jokowi mengatakan seluruh proses rehabilitasi dan rekonstruksi dilaksanakan berdasarkan instruksi dan perintah langsung yang ia sampaikan saat gempa bumi  pada 15 Januari 2021.

"Ini dibangun, ini dibangun, ini dibangun. Saya lihat tadi Alhamdulillah sudah selesai, hanya kurang gedung DPRD dan satu masjid," ujarnya.

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Majene, Sulawesi Barat, dan sekitarnya pada Jumat (15/1/2021) dini hari. Gempa tersebut menyebabkan 46 korban jiwa yang terdiri atas sembilan korban di Majene dan 37 korban jiwa di Mamuju.

Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • gempa majene
  • gempa mamuju
  • rehabilitasi
  • rekonstruksi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!