Setop Permusuhan, Kuba dan AS Bakal Bertemu Lagi

Kuba selama ini kerap mengontrol media serta memblok situs yang dijalankan oleh jurnalis.

Selasa, 19 Mei 2015 08:32 WIB

Bendera Kuba

KBR - Dua pemimpin negara yakni Kuba dan Amerika Serikat bakal bertemu untuk memulihkan hubungan diplomatik. Keduanya dijadwalkan bakal bertemu Kamis mendatang untuk sesi negosiasi keempat mereka. Hubungan diplomatik kedua negara sebelumnya telah berakhir pada 1961. Meski ada kemajuan, kedua belah pihak masih perlu mencapai kesepakatan tentang penempatan duta besar. Selain itu, Kuba ingin agar Amerika Serikat menghentikan program pelatihan jurnalistik dan internet yang dianggap subversif dan melanggar Konvensi Wina.

Pasalnya, Kuba selama ini kerap mengontrol media serta memblok situs yang dijalankan oleh jurnalis. Sehingga Kuba menilai, program AS di Havana itu bakal mengganggu rezim di Kuba. Sementara itu, AS menilai programnya sama dengan yang dilakukan di negara-negara lain. Sehingga rezim Kuba tak perlu khawatir.

Sejak Castro dan Barack Obama mengumumkan bakal memulai hubungan diplomatik pada Desember lalu, negosiator kedua negara telah bertemu dua kali di Havana dan Washington. Kedua presiden juga bertemu pada April lalu di Panama. (CNA)


Editor: Quinawaty Pasaribu

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Dosen Unsoed Yang Gabung Dengan ISIS Meninggal

  • Sumbangan Ditolak
  • Guardiola: Masih Ada Klub Yang Mau Messi Dengan Harga Tinggi

Indonesia baru merayakan dirgahayu yang ke-72. Ada banyak harapan membuncah untuk generasi penerus yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.