KBR, Jakarta- Hari ini tepat 13 Oktober 2016, media sosial diramaikan dengan #nobraday. Hari ini memang bertepatan dengan hari tanpa 'bra'. Di twitter dan instagram pun bertebaran gambar-gambar dukungan atas aksi #nobraday. 

#NoBraDay merupakan gerakan yang bertujuan meningkatkan kesadaran pentingnya deteksi dini kanker payudara melalui screening atau melalui Periksa Payudara Sendiri (SADARI). Gerakan ini merupakan bagian dari rangkaian bulan Peduli Kanker sedunia yang jatuh tiap Oktober setiap tahunnya. #NoBraDay yang dimulai sejak 2011 itu, mengajak perempuan untuk tidak menggunakan 'bra' selama seharian. 

Memang bra sendiri adalah pakaian yang peting bagi seorang wanita. Namun untuk pemakaian lama terlebih ukurannya tidak pas, maka bra justru akan menjadi sebuah boomerang bagi si pemakai. Bra yang terlalu kecil justru akan menimbulkan masalah kesehatan pada pemakainya. 

Peneliti dari University of Besancon, Prancis Profesor Jean-Denis Rouillon pernah mengingatkan perempuan untuk berhati-hati memilih 'bra'. Jika ukuran tidak pas dan membuat pemakai nyaman malah bisa meningkatkan resiko memiliki gangguan tulang punggung. "Dari segi medis, fisiologis, dan anatomi payudara tidak mendapatkan manfaat apapun dari 'penahanan' gravitasi,” ungkap Rouillon.

Anda bersedia ikut tantangan sehari tanpa bra alias No Bra Day ? 


Simak juga: KBRTrending

Editor: Malika

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!