Ketua DPR Ade Komarudin (kedua kanan) bersama Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kedua kiri), Fadli Zon (kanan) dan Taufik Kurniawan (kiri) memimpin rapat paripurna DPR pembukaan masa sidang II Tahun 2016/2017 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/11


KBR, Jakarta- Ketua DPR  Ade Komaruddin menyatakan ikhlas menerima penggantian dirinya sebagai pemimpin DPR. Usai rapat selama 3 jam bersama wakil-wakilnya, Ade mengaku siap mengikuti keputusan partai. Surat usulan DPP Golkar dan fraksi akan segera diproses ke paripurna.

"Tentang pergantian ini saya berpegang teguh pada prinsip. Terlebih saya sekolah umum, pesantren, dan saya aktivis. Saya punya prinsip bahwa jabatan adalah amanah dari Allah. Bagi saya jabatan hanya sebuah cara untuk memberikan kesempatan pada saya berkontribusi tentu yang terbaik kepada bangsa dan negara ini. Karenanya kapanpun Tuhan akan memberikan amanah itu atau mengambil amanah itu saya siap dan ikhlas. Aku rapopo. Teu sawios," ujar Ade di DPR, Senin (28/11).

Ade mengaku kesiapannya ini dilakulan demi menjaga keutuhan negara dan partai. Sekalipun dilengserkan, Ade menegaskan akan tetap berkontribusi di DPR melalui posisi barunya nanti yang akan ditentukan oleh fraksi. Menurut dia keputusan itu diambil setelah berkonsultasi dengan berbagai tokoh. Sebelumnya Akom diketahui telah bertemu Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri.

Meskipun mengaku legowo, namun Ade bungkam ketika ditanya soal kemungkinan menggunakan mekanisme lobi fraksi. Dia juga tidak menjawab kala ditanya soal komunikasinya dengan Ketua Umum Golkar Setya Novanto. Pun ketika diminta mengonfirmasi isu bahwa ada intervensi Presisen Jokowi di detik-detik terakhir.   Usai berterima kasih kepada awak media dan rekannya sesama pemimpin DPR, Ade kemudian berlalu pergi.

Wajahnya tanpak pucat saat melangkah menuju mobil. Wajahnya hanya memasang senyum tipis menawan pertanyaan lain dari wartawan. Sebelum masuk mobil dia berpamitan kembali ke rumah sakit. Sambil menunjukan gelang rumah sakit di tangannya, dia mengaku beberapa hari terakhir dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

"(Sakit apa pak?) Rahasia." Kelitnya.

Rapat bersama pemimpin DPR sempat diskors. Di sela-sela skors itu, tampak ketua fraksi Golkar Kahar Muzakar ke tempat rapat.

Sore tadi, Dewan Pembina Golkar dan DPP sudah sepakat akan memproses pengembalian Setya Novanto yang kini menjadi ketua umum Golkar sebagai ketua DPR.


Editor: Rony Sitanggang

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!