Museum Brasil Terbakar, 20 Juta Koleksi Terancam

Kebakaran itu mengancam koleksi lebih dari 20 juta item mulai dari temuan arkeologi hingga memorabilia sejarah.

Senin, 03 Sep 2018 16:47 WIB

Foto: bbc.com

KBR, Jakarta - Kebakaran besar melalap Museum Nasional Brasil di ibukota Rio de Janeiro, Minggu (2/9/2018) malam.

Kebakaran itu mengancam koleksi lebih dari 20 juta item, mulai dari temuan arkeologi hingga memorabilia sejarah.

Menurut situs web Globo, belum ada informasi tentang potensi kematian, cedera, penyebab kebakaran, atau tingkat kerusakan dalam kebakaran yang terjadi.

Diansir dari bbc.com (3/9/2018), rekaman yang disiarkan di televisi Brasil menunjukkan api telah menyebar ke seluruh gedung. Api tersebut diyakini muncul setelah museum itu tutup.

Dahulu, museum ini berfungsi sebagai tempat tinggal bagi keluarga kerajaan Portugis. Awal tahun ini, museum merayakan peringatan 200 tahun.

Presiden Brazil Michel Temer, melalui Twitter mengatakan kejadian tersebut merupakan hari yang menyedihkan bagi semua warga Brasil.

"Nilai sejarah kita tidak dapat diukur oleh kerusakan pada bangunan," ujar Temer.

Dalam wawancara dengan TV Brasil Globo, direktur museum mengatakan bahwa kejadian itu merupakan "tragedi budaya".

Museum ini menyimpan ribuan barang yang berkaitan dengan sejarah Brasil dan negara-negara lain, termasuk artefak Mesir.

Contoh koleksi sejarah alami di museum tersebut seperti tulang dinosaurus dan kerangka manusia berusia 12 ribu tahun dari seorang wanita tertua yang pernah ditemukan di Amerika.

Editor: Agus Luqman

 

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Puluhan organisasi Masyarakat sipil melalui gerakan #BersihkanIndonesia menantang kedua capres dan cawapres yang berlaga dalam Pemilu Presiden 2019 mewujudkan komitmen “Indonesia Berdaulat Energi".