Karam Chand dan Kartari, pasangan tertua di dunia. (Foto: Metro.co.uk )

Karam Chand dan Kartari, pasangan tertua di dunia. (Foto: Metro.co.uk )

Pasangan India yang tinggal di Inggris dianggap sebagai pasangan tertua di dunia yang masih hidup. Umur keduanya bila digabung berusia 211 tahun.
 
Karam Chand dan istrinya Kartari sedang mempersiapkan perayaan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-90 Desember nanti.  Pasangan itu punya delapan anak, 29 cucu dan cicit.

Karam Chand yang berusia 109 tahun masuk ke dapur untuk sarapan. Dia berjalan dengan bantuan putranya dan anggota keluarga lainnya.

Dia tidak bisa berjalan jauh tanpa bantuan dan juga punya masalah pendengaran.

“Saya biasa menyantap makanan yang sederhana seperti roti gandun, susu , yogurt dan margarin buatan rumah,” tutur Karam Chand.

Istrinya Kartari yang berusia 102 tahun lebih sehat daripada sang suami.

Mereka menikah ketika keduanya masih remaja pada 11 Desember 1925 dalam sebuah upacara pernikahan tradisional Sikh di Jalandhar, India.

“Saya tidak ingat lagi hari pernikahan kami. Tapi saya ingat perayaan yang kami buat saya saat anak pertama kami lahir. Kami memasak banyak makanan. Kami membagi manisan ke seluruh desa. Nama desa saya Karari dan saya sangat merindukannya,” kenang Kartari.
 
Pasangan itu pindah ke Inggris pada 1965 dan sekarang tinggal bersama putra bungsunya, Satpal Singh di Bradford.

Istrinya Rani mengatakan orangtua tidak seharusnya dimasukkan ke panti jompo.

“Kita seharusnya tinggal bersama dengan orangtua yang sudah renta. Karena mereka membutuhkan anak-anaknya untuk merawat mereka. Orangtua tidak seharusnya dititipkan di panti jompo. Orangtua sudah membesarkan anak-anaknya maka anak-anak juga harus mengurus orangtuanya. Saya menyiapkan sarapan di pagi hari, makan siang dan apapun yang butuhkan sepanjang hari. Saya berusaha melayani mereka semampu saya. Orangtua kami masih mengenali anak-anaknya dan merasa senang bisa melihat mereka ada di dekatnya. Begitu pula anak-anak,” kata Rani.   

Salah satu putranya, Sodi Ram Singh, datang dari India. Dia mengaku mereka sangat menghormati kampung halaman mereka.

Dia mengatakan mereka biasanya mengunjungi India setiap tahun.

“Orangtua saya biasanya pulang ke India setiap tahun sampai 2013. Setelah itu kami tidak membolehkan mereka pergi karena kesehatan mereka menurun. Kami khawatir dengan kesehatan mereka makanya kami yang kemari. Cuaca di Inggris sangat bagus tidak seperti di India yang panas. Selain itu fasilitas kesehatan di sini juga lebih bagus. Kami lebih suka mereka tinggal di sini. Kalau mereka mau ke India, kami akan mengadakan acara kumpul-kumpul dengan mengundang keluarga dan teman sehingga orangtua kami bisa bertemu dengan semuanya di satu tempat. Kalau ada yang bertanya berapa usia orangtua kami, kami sangat bangga. Orang-orang yang mendengar berapa usia orangtua kami sangat senang dan bersyukur pada Tuhan karena orangtua kami diberi umur panjang,” kata Sodi Ram.
 
Dua tahun lalu pasangan ini diundang dalam sebuah pesta kebun oleh Ratu Inggris di Istana Buckingham.

Kartari mengaku acara itu sangat menyenangkan. “Kami sangat senang bisa bertemu dengan Ratu. Ketika kami di sana kami betemu Sang Ratu, suami dan putranya. anak-anak ikut menemani kami. Saya tidak mengeti apa yang Ratu katakan dalam bahasa Inggris. Saya melihatnya dari dekat dan bersalaman dengannya. Saya sangat menyukai Ratu.”
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!