Article Image

NASIONAL

Cek Fakta: Hoaks Jokowi Jalan Kaki Karena Ban Bocor

"Top Three Hoax of The Week"

KBR, Jakarta- Sebuah akun TikTok mengunggah video bernarasi Presiden Joko Widodo berjalan kaki dan mobil kepresidenan sedang berhenti diduga ban bocor di sepanjang jalan Sragen-Grobogan-Blora.

Setelah dilakukan penelusuran, hoaks satu ini masuk ke kategori konteks yang salah. Kabar ini juga telah diklarifikasi pihak Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana. Beliau mengatakan, kabar ban mobil kepresidenan yang bocor adalah salah.

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 26 Januari - 1 Februari 2024 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Twitter/X @TurnBackHoax:

Hoaks Jokowi Jalan Kaki Karena Ban Bocor

Sebuah akun TikTok mengunggah video bernarasi Presiden Joko Widodo berjalan kaki dan mobil kepresidenan sedang berhenti diduga ban bocor di sepanjang jalan Sragen-Grobogan-Blora.

Baca juga:

CEK FAKTA: KONTEN MENYESATKAN SEBUT KASUS POLIO DISEBABKAN VAKSINNYA

CEK FAKTA: HOAKS SISWA SMP DIVONIS 7 TAHUN GARA-GARA KRITIK JOKOWI

CEK FAKTA: BEREDAR VIDEO BERNARASI SURABAYA MACET TOTAL KARENA AKSI TOLAK POLITIK DINASTI

Setelah dilakukan penelusuran, hoaks satu ini masuk ke kategori konteks yang salah. Kabar ini juga telah diklarifikasi pihak Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana. Beliau mengatakan, kabar ban mobil kepresidenan yang bocor adalah salah.

Konten dimaksud bisa dicek di akun X @TurnBackHoax

Sebuah narasi “Para pengunjuk rasa People’s Freedom Movement berbaris dan meneriakkan ‘Tangkap Bill Gates, Tangkap Bill Gates’. Gates bertanggung jawab atas 88% Pendanaan” untuk Organisasi Kesehatan Dunia & Pemilik terbesar Lahan Pertanian AS, kami membutuhkan JAUH lebih banyak lagi”

Berdasarkan laman organisasi kesehatan dunia, baik pendanaan terukur maupun sukarela, negara-negara anggota berkontribusi langsung hampir 60% dari anggaran program, dan 14% lainnya berasal dari sistem PBB, kemitraan dan bank pembangunan.

Beresar di Whatsapp Grup (WAG) sebuah video bernarasi “Breaking News: Viral Para Guru Negeri di Medan (tempat menantunya jkw) Menangis karena Gaji Ditahan untuk Dipaksa Memilih 02. Benar-benar ini sudah gila & melanggar HAM!!! Sebarkan & Viralkan.. JAHATNYA MENANTU JOKOWI”

Video hoaks ada klaim paksaan dan intimidasi terhadap 8 orang Guru di Medan untuk mendukung Paslon 02 dalam Pemilu 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa kejadian tersebut tidak terkait dengan Pemilu 2024. Video tersebut merupakan kasus yang viral pada September 2023 lalu di SMP N 15 Medan di mana para guru dalam video mengaku terlambat mendapatkan gaji dan mendapat intimidasi okeh Kepala Sekolah yang baru.

Mau tau info pembahasan mendalam soal Top Three Hoax of The Week tersebut? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: