Gerakan Manggarai Sehat jadi Penyelamat (2)

Gerakan Manggarai Sehat berusaha turun langsung merangkul warga dan memetakan masalah kesehatan yang dihadapi warga

SAGA

Selasa, 27 Agus 2013 12:03 WIB

Author

Danu Mahardika

Gerakan Manggarai Sehat jadi Penyelamat (2)

gerakan manggarai sehat, jakarta, sanitasi, ciliwung, kesehatan

Rangkul Warga

Gerakan Manggarai Sehat  mulai digalakan sejak Desember 2012 lalu. Motor penggeraknya Faiqa Himma Emalia. “Ya saat ini saya usianya 21 tahun. Keseharian saya biasa ya, saya kuliah di Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia dan sebentar lagi memasuki semester 7. Kemudian saya juga me-manage komunitas Manggarai Sehat ini karena kebetulan saya ketuanya,”kata Faiqa.

Dia menambahkan,” Jadi Manggarai Sehat itu sebuah komunitas pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan dimana kami menggunakan strategi pendidikan kesehatan untuk mengatasai isu-isu kesehatan yang ada di Manggarai. Salah satu latar belakangnya adalah cita-cita dari para foundersnya , cita-cita dari kami yang ingin membuat Indonesia lebih sehat.”

Berkat gerakan ini, Faiqa dan komunitasnya diganjar “Ashoka Young Changemaker 2013”. Sebuah  suatu penghargaan bagi anak muda yang berjasa membuat perubahan nyata di masyarakat. “Tidak pernah terbayangkan sebelumnya saya mendapatkan penghargaan Ashoka Young changemaker 2013 ini. Karena dari awal menginisiasi Manggarai Sehat tujuannya untuk melakukan perubahan positif di Manggarai, bukan untuk meraih achievement atau meraih penghargaan seperti itu. Jadi pas saat itu direkomendasikan oleh teman untuk mengikuti Young Changemaker 2013, ternyata berkas saya diterima, saya dipanggil untuk seleksi panel dan ternyata saya lolos dan itu rasanya sebuah kebahagian besar. Bukan hanya buat saya tapi juga buat tim Manggarai Sehat,” katanya antusias. 

Gerakan Manggarai Sehat berusaha turun langsung merangkul warga dan memetakan masalah kesehatan yang  dihadapi warga.  Kembali Faiqa menuturkan,”Pada saat Manggarai Sehat pertama kali didirikan, kami melakukan assessment atau pengkajian masalah-masalah kesehatan yang ada di Manggarai. Jadi kami mendatangi para stakeholder disana seperti ketua RW , ketua RW, kemudian para kader-kader yang ada di Manggarai. Kemudian kami juga mengunjungi beberapa warga door-to-door untuk menanyakan, masalah kesehatan apa sih yang mereka rasakan di Manggarai.”

Sova salah satu pegiat Gerakan Manggarai Sehat. Dia merasa terpanggil ikut terlibat dalam gerakan ini karena ilmu yang didapat dari bangku kuliah mubazir jika tidak dibagi ke masyarakat yang membutuhkan.



Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona