SAGA

Melawan Korupsi di Udara (Bagian 2)

"Ajakan anti korupsi yang dilakukan oleh radio komunitas yang berdiri sejak 2004 lalu itu, salah satunya dengan berdiskusi. Masyarakat diajak berbincang tentang program pembangunan yang diterima. Mulai dari pengajuan anggaran, pelaksanaan, hingga pengawas"

Melawan Korupsi di Udara (Bagian 2)
korupsi, radio komunitas, RGL FM, Lampung, PNPM

Libatkan Masyarakat

Usman Pradika, Bendahara Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Kecamatan Padang Cermin, mengaku, tidak ada potongan dalam pengucuran dana di tiap desa. Masing-masing desa mendapat dana sesuai dengan program yang telah disetujui.

“Kucuran dana itu, mereka sudah kumpul di sana. Setelah sampai kita di sana, dari BSM (Bank Syariah Mandiri), langsung kami salurkan ke TPK-TPK masing-masing desa yang mendapatkan pembangunan. Jadi seperti itu, tanpa ada potongan sedikit pun, dari UPK sendiri. Kami mendapatkan operasional UPK sebanyak 2 persen dari RPD yang mereka ajukan, ” terang Usman.

Seorang anggota Tim Pengelola Kegiatan (TPK) PNPM Mandiri, Kecamatan Padang Cermin, Usman mengaku, merasa terbantu dengan informasi yang disampaikan Radio Komunitas RGL FM.”Mungkin, ya yang namanya dari tenaga, semuanya kan terbatas, terbatas, cuma tujuh orang. Tetapi Alhamdulillah, saya juga pernah mendengarkan iklan, itu sangat mendukung, saya sendiri sudah pernah mendengarkan iklan. Nah, ini gagasan sangat bagus. Karena apa, dari segi pertanggung jawaban, akuntabilitas, transparan tadi, itu memang birokratnya itu memang sangat ngejelimet. Karena itu tadi, detailnya,” ucap Usman.

Ajakan anti korupsi yang dilakukan oleh radio komunitas  yang berdiri sejak 2004 lalu itu, salah satunya dengan berdiskusi. Masyarakat diajak berbincang tentang program pembangunan yang diterima. Mulai dari pengajuan anggaran, pelaksanaan, hingga pengawasan.

Kembali Agus Guntoro menuturkan,“Loe korupsi saya laporin, ngga! Bukan begitu! Tapi, kita lebih apa, ayo lebih menggairahkan, bahwa gaya hidup bersih anti korupsi itu mula kita terapkan di tingkat bawah. Dari pelaku PNPM yang ada di bawah, di desa-desa itu. (Jadi maksudnya sering mengkritisi juga?). Ya, kita sebenarnya lebih banyak berdiskusi, terus, ya ngobrol gitu, ” kata Agus.

Sementara itu, Ketua Jaringan Radio Komunitas Bandar Lampung, Rifky, menegaskan, ada tiga fokus pemantauan yang dinilai rentan terjadi korupsi di program PNPM di daerahnya. Tiga fokus itu antara lain, target pelaksanaan program dan proses musyawaran perencanaan pembangunan. Partisipasi yang dilakukan radio komunitas ini bagian dari  Gerakan Radio Komunitas Untuk Indonesia Bersih (GRKIB).

“Fokus kita memang adalah pemantauan korupsi. Tapi, tidak murni secara korupsi. Nah, ini ada tiga fokus utama yang kita pantau. Yang pertama adalah SPP, Simpan Pinjam Kelompok Perempuan. Karena, kami menilai di Radio Komunitas, inilah yang paling rentan. Karena, bapak-bapak yang pakai duitnya atas nama ibuk-ibuk pinjamnya. Nah, itu yang akan kami pantau habis-habisan, karena itu menjadi titik poin masuk untuk kesejahteraan, ” terang Rifky.

Kendala seperti apa yang dihadapi Radio Komunitas seperti RGL FM  saat menyuarakan kampanye  anti korupsi?


  • korupsi
  • radio komunitas
  • RGL FM
  • Lampung
  • PNPM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!