Kicau SBY di Twitter (Bagian 2)

Sebagian kalangan curiga tujuan Presiden SBY membuat akun twitter sekadar untuk pencitraan sekaligus mendongkrak popularitas Partai Demokrat yang terus melorot

SAGA

Kamis, 30 Mei 2013 19:50 WIB

Author

Eli Kamilah

Kicau SBY di Twitter (Bagian 2)

SBY, Jakarta, Twitter, Media Sosial, komunikasi

Dikelola Stafsus

Saat dilongok akhir pekan lalu, foto profil twitter  SBY menampilkan wajah presiden yang tengah tersenyum.  Sementara di bagian latar belakang nampak foto hitam-putih SBY yang tengah berdialog dengan petani juga tengah tersenyum. 

Akun  ini  dikelola oleh Staf  Khusus Presiden. Cuit yang ditulis Presiden langsung, ditandai tanda bintang diikuti singkatan SBY dan ditutup dengan tanda bintang kembali. Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha menuturkan, “Selepas ini kan beliau berhak menggunakan akun SBY, karena kebetulan beliau menjabat sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, masyarakat melihatnya seperti itu, itu juga tidak keliru. Tetapi bukan berarti itu tidak merupakan akun resmi, karena setelah beliau lepas dari pemerintahan, masa bakti 2014 masih digunakan, karena ini akun yang sifatnya memang personal secara utuh.”

Menurut Julian kehadiran presiden di dunia twitter semata-mata untuk lebih leluasa berkomunikasi dengan rakyat.“Yang ingin beliau tekankan bahwa pesan langsung sebagai Presiden SBY sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, maupun sebagai pribadi itu bisa langsung diterima tanpa ada distorsi atau hambatan pada masyarakat.”

Julian menambahkan, “Yang Presiden inginkan adalah bahwa pesan beliau bisa diterima secara langsung, directly kepada rakyat, meskipun tentu ada media lain yang lebih konvensional, baik televisi maupun media cetak, online yang lain. Namun twitter merupakan satu komunitas sendiri yang sangat besar penggunanya di Indonesia.”

Indonesia adalah pengguna twitter kelima terbesar di dunia atau mencapai  lebih dari 19 juta akun. Menurut Julian, Staf Khusus Presiden yang  mengelola akun ini, berhak memberikan saran akun twitter mana saja yang bisa di follow atau diikuti  SBY. Saat dicek akunnya, SBY mengikuti beragam akun tokoh publik sampai kalangan masyarakat biasa. Seperti musisi Addie MS, artis Gading Marteen, budayawan dan tokoh pers Gunawan Muhammad, bekas Wapres Jusuf Kalla sampai Dody Kasman yang mengaku sebagai orang Indonesia yang tinggal di daerah. 

“Staf juga diberi keleluasaan. Staf atau tim yang mengelola akun SBYudhoyono sendiri punya preferensi dan punya gambaran, bisa kemudian juga mengusulkan satu dua akun yang perlu dan bsia diikuti sebagai bentuk interaksi pada sosial media itu sendiri,” tambahnya.

Sebagian kalangan curiga tujuan Presiden SBY membuat akun twitter  sekadar untuk  pencitraan sekaligus mendongkrak popularitas Partai Demokrat yang terus melorot. Maklum saja tahun depan sudah memasuki tahun Pemilu.Seperti diungkapkan Fadil salah satu mahasiswa di Jakarta.  “Ya kalau menurut saya kalau sekarang ini, kenapa ngga dari dulu-dulu bikin twitternya, kalau baru sekarang ngga hampir setahun itu seperti kampanyenya dia.”

Kritik lain yang terlontar Presiden SBY dinilai terlambat membuat akun twitter, jika dibandingkan dengan pemimpin dunia lainnya seperti Presiden Amerika Barrack Obama. 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - SAGA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Didesak Cabut Izin Perusahaan Pembakar Lahan