SAGA

Pudarnya Pesona Jatinegara (III)

Pudarnya Pesona Jatinegara (III)
jatinegara, meester cornelis, bangunan, situs, sejarah

Pelestarian Bangunan Bersejarah


Pemerintah DKI Jakarta mengklaim sudah menyiapkan program pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Salah satunya menghidupkan kembali gedung-gedung bersejarah sebagai cagar budaya. Salah satunya bangunan di Jatinegara terang Gubernur Jokowi. “Untuk pusat kebudayaan Betawi di eks Kodim, Jakarta Timur,  akan kita mulai dan anggarannya dalam APBD sudah ada tahun ini,”

Pemugaran gedung tua eks-Kodim di Jatinegara sebenarnya bukan program baru. Menurut Kepala Suku Dinas Kebudayaan Walikota Jakarta Timur, Sonny pemugaran  sudah diprogramkan sejak kepemimpinan Gubernur Fauzi Bowo.“Rencananya dan sudah dikukuhkan oleh Gubernur jamannya Pak Fauzi itu kan jadi PKB, Pusat Kebudayaan Betawi. Disitu nanti ada gedung pertunjukan khusus untuk seni Betawi makanya gedung eks Kodim itu disebut dengan Pusat Kebudayaan Betawi atau PKB. Disitu nanti ormas-ormas betawi berkantor disitu dan ada gedung pertunjukan khusus untuk kesenian Betawi disitu. Nanti rencananya master plan gedungnya itu sekitar delapan lantai dibelakang gedung eks Kodim itu,” terangnya.

Kata Sonny, tahun lalu sudah mulai dilakukan penguatan tanah untuk ruang bagian bawah gedung. Untuk tahun ini pembangunan dilanjutkan dengan pembuatan ruang bagian bawah dan kerangka fisik gedung delapan lantai tersebut. Setelah dibenahi, diharapkan kawasan Jatinegara jadi kawasan wisata  terang Sony. “Sudin Pariwisata itu ada promosi Pariwisata di Pusat Batu Aji Gems Center. Suku Dinas Kebudayaan juga akan melakukan pagelaran kesenian untuk mendukung Gems Center itu sebagai tujuan wisata gitu ya. Jadi rencana kita ditahun 2013 ini ada pagelaran kesenian juga disana. Kalau persis acaranya ada panggung hiburan menampilkan musik atau lagu-lagu dan tari Betawi”.

Langkah pembenahan bangunan bersejarah dan kawasan di Jatinegara diharapkan dapat mengembalikan pesona  Meester Cornelis yang  pudar dimakan zaman. Bisakah mimpi itu terwujud?

(Ade, Fik)

  • jatinegara
  • meester cornelis
  • bangunan
  • situs
  • sejarah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!