Kiprah Dokter Muda van Bandung (IV)

Semangat pengabdian kepada sesama yang dilakukan bersama rekannya dapat menginspirasi kaum muda di tanah air.

SAGA

Senin, 22 Apr 2013 17:56 WIB

Author

Ade Irmansyah

Kiprah Dokter Muda van Bandung (IV)

dokter, vol-d, volunteer doctors, bandung, unpad

Bantu Kaum Miskin

Salah satu anggota Vol-D, Tsabit mengaku tertarik bergabung karena organisasi sosial-kemasyarakatan ini kongkret membantu sesama yang tengah tertimpa musibah. “Pengalaman terjun ke lapangan dan ke masyarakat. Kadang-kadang ada beberapa organisasi di sini khusus anak kedokteran semua, mereka lebih fokus pada merayakan hari-hari besar gitu bukannya langsung terjun ke lapangan. Kalau kita setiap ada bencana di Bandung atau di Jawa Barat itu pasti turun, dan banyak pengalaman di sini,” paparnya.

Manfaatpun mulai ia rasakan. Selain jaringan pertemanan yang makin luas, ilmu dan pengalaman bermasyarakat diperolehnya. “Yang dimaksudkan Kang Dani (Dani Ferdian-red) itu kan, jadi dia membuat Vol-D sebagai wadah untuk menuangkan jiwa sosial kita supaya kita siap nanti pas terjun di masyarakat. Yang saya rasakan, di sinikan selalu dilakukan up grading-kan, jadi apa-apa yang belum saya dapat di tingkat segini, saya sudah dapet duluan di Vol D. Jadi bisa duluan bisa dan bisa belajar,” kata Tsabit.

Pengalaman yang pernah dirasalan Tsabit dan anggota Vol-D lainnya seperti membantu  kesehatan kaum miskin di bawah jalan layang Pasoepati, Bandung  atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Bongkaran. 

Salah satu warga, yang akrab disapa Pak Aep merasakan manfaat aksi sosial Vol-D. “Karena di sini banyak warga yang sakit perut diobatin, kemudian yang darah tinggi ditensi trus dikasih penjelasan-penjelasan. Itu sebenarnya sudah bagus buat warga soalnya ya namanya juga kita orang kecil buat berobat ya susah, tapi kalo ada yang datang ya kita syukuri. Warganya memang kurang menyadari gitu dengan kehidupan sehat itu gimana, tapi dengan adanya penyuluhan itu minimal warga bisa ingat dan ini bagus,” katanya.

Aep berharap, aksi kemanusiaan Vol D bisa berkelanjutan dan menggugah kesadaran  Pemerintah Kota Bandung lebih peduli memperhatikan kesehatan warganya.Salah satu pendiri, Vol-D, Deni Ferdian berharap, semangat pengabdian kepada sesama yang dilakukan bersama rekannya dapat menginspirasi kaum muda di tanah air.

“Jadi sebenarnya Volunteer Doctors ini proyek masa depan bangsa ini gitu. Ini mungkin akan dirasakan efeknya 20 tahun atau 30 tahun yang akan datang gitu, ketika mereka yang pernah terwarnai di Vol D ini menjadi orang-orang besar yang dari situlah mereka bisa lebih banyak lagi bergerak kepada masyarakat, ” pungkasnya.

(Ade, Fik)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Let's Happy Be Healthy with Mima Shafa

WHO Sediakan Jutaan Unit Tes Cepat COVID bagi Negara Miskin

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18