BERITA

Pulangkan Anggota Gafatar, Pemda Yogya Mengaku Belum Punya Dana

Pulangkan Anggota Gafatar, Pemda Yogya Mengaku Belum Punya Dana

KBR, Yogyakarta- Pemda DIY mengaku belum memiliki dana dan rencana untuk membawa pulang sekitar 50 warga Yogyakarta yang bergabung dalam kelompok Gafatar.

Ketua Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) DIY, Agus Supriyanto mengatakan dana pemulangan menjadi kendala pemerintah daerah dan keamanan. Pemda tidak mengantongi dana untuk memulangkan warga yang pindah tanpa disertai surat kepindahan resmi. Saat ini yang dilakukan hanyalah sebatas koordinasi antara Pemda DIY, kabupaten serta Polisi.


" Saat ini kami tidak ada dana itu,jadi semuanya harus lapor ke Gubernur ada tidak dana talangan atau atau dari anggaran lain,"ujar Agus melalui telpon, Kamis (21/1/2016). 


Menanggapi hal itu, Juru Bicara Polda DIY Anny Pudjiastuti mengatakan hanya bertugas untuk mengelola keamanan. Sementara anggaran kepulangan anggota Gafatar bukan merupakan kewenangannya.


Kepolisian, kata dia, hanya bekerjasama dengan pemerintah kabupaten untuk menyiapkan masyarakat sekitar tempat tinggal anggota Gafatar. Tujuannya agar masyarakat bisa menerima, sehingga tidak ada masalah baru.


Data Polda DIY menunjukan sekitar 50 warga Yogyakarta tercatat sebagai anggota Gafatar dan telah pindah ke Kalimantan. Mereka terdiri dari orang tua hingga balita. 

Editor: Malika

  • DIY
  • Pemda DIY
  • Agus Supriyanto
  • Kesbanglinmas
  • gafatar
  • petatoleransi_34Daerah Istimewa Yogyakarta_merah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!