Mendorong Perubahan bersama Pahlawan Masa Kini

Karena suara adalah pendorong perubahan, KBR ikut merevolusi cara orang mengakses dan menikmati berita lewat aplikasi podcast berita: KBR Prime.

RUANG PUBLIK

Kamis, 01 Nov 2018 13:52 WIB

Author

KBR

Drive Change Through Voices - KBR PRIME

Drive Change Through Voices - KBR PRIME

KBR, Jakarta - Masih ingat Bung Tomo? Di kala perang kemerdekaan, Bung Tomo kerap menyampaikan pidato yang menggelora untuk memelihara semangat perlawanan. Radio bernama “Radio Pemberontakan” sampai aneka podium jadi saksi betapa menggelegar dan memikatnya pidato Bung Tomo. Sebelum dan sesudah pidato, ia selalu meneriakkan “Allahu Akbar!” atau slogan “Merdeka atau mati!”.

Bung Tomo telah membuktikan betapa kuatnya pengaruh suara. Dari zaman merebut kemerdekaan sampai sekarang, suara punya pengaruh yang besar dalam mendorong pergerakan. Perang fisik boleh usai, tapi ada banyak ‘perang’ zaman now yang menanti untuk dituntaskan -- mulai dari perang melawan hoax, melawan intoleransi sampai melawan ketimpangan gender dan yang lainnya.

Suara untuk perubahan

KBR dengan pengalaman hampir 20 tahun ikut membuktikan betapa suara bisa ikut mendorong perubahan. Melalui berita radio yang mengudara lewat satelit, perkembangan dari Jakarta bisa sampai ke daerah-daerah, begitu juga sebaliknya. KBR juga ikut mendorong berdirinya radio-radio di daerah, seperti di Yahukimo Papua dan Aceh, untuk membuka akses dan pertukaran informasi di berbagai tempat.

Untuk itu, pada tahun 2009 KBR diganjar penghargaan King Baudouin International Development Prize dari Raja Belgia. KBR dinilai berjasa dalam memajukan taraf hidup masyarakat lewat penguatan demokrasi, pengembangan toleransi dan partisipasi aktif masyarakat lewat cara memproduksi dan menyebarkan informasi berkualitas lewat radio jaringan di daerah.

Dengan bekal berpengalaman hampir dua dekade dalam bisnis radio, KBR akan merevolusi cara orang mendengarkan berita lewat aplikasi podcast berita: KBR Prime.

KBR Prime menyajikan update berita terkini sekaligus sajian lainnya berformat berita, seperti talkshow, feature dan podcast menarik lainnya. KBR juga berkolaborasi dengan partner seperti The Conversation Indonesia, Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), Magdalene dan lainnya untuk memproduksi podcast yang bisa dinikmati di KBR Prime. Podcast di KBR Prime juga bisa dinikmati lewat Spotify, Google Podcast, iTunes dan Anchor.

Aplikasi KBR Prime akan diluncurkan lewat sebuah talkshow interaktif berjudul “Drive Changes Through Voice” 

Dalam talkshow tersebut, KBR menghadirkan mereka yang bergerak mendorong  perubahan di masyarakat lewat kekuatan suara mereka masing-masing, yaitu:

1. Trivet Sembel, CEO dari Proud Media Group & Proud Project; sebuah inisiasi yang bertujuan untuk menyampaikan inspirasi lewat cerita.

2. Devi Asmarani, Editor in Chief dari Magdalene.co; majalah digital yang sangat kuat dalam menyuarakan feminisme dan kesetaraan gender secara umum.

3. Anita Wahid, Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo); komunitas fact-checker yang bertujuan melawan hoax yang beredar lewat fakta dan analisa.

4. Yoga Andika, Pendiri Posyandu Remaja; mengedukasi remaja untuk menekan angka perkawinan remaja di Bromo.

5. Fira Utari, aktivis Sikola Mombine; mendorong perempuan berdaya di Poso.

Acara akan diselenggarakan pada Rabu14 November 2018 di GoWork Co-working and Office Space, Mal fX Sudirman lantai 7, pukul 18.00-20.00 WIB. Selain talkshow, akan ada juga penampilan ukulele dari UkuIki.

Pendaftaran bisa dilakukan di sini. 

Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi KBR Prime sebagai tanda masuk dan dapatkan hadiah menarik. 

Launching KBR PRIME - Podcast Berita Pertama di Indonesia

Posted by Kantor Berita Radio-KBR on Wednesday, 14 November 2018
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RUANG PUBLIK

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Koalisi Masyarakat Sipil Desak Pemerintah Tunda Pengesahan RUU Pertanahan

Eps 8. Para Pendamping