BERITA

PLN Perkirakan 1 hingga 2 Pekan Listrik di Palu dan Donggala Normal Kembali

"PT PLN memastikan pemulihan jaringan listrik di daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah bakal rampung satu hingga dua pekan ke depan."

Dwi Reinjani

PLN Perkirakan 1 hingga 2 Pekan Listrik di Palu dan Donggala Normal Kembali
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). (Foto: ANTARA/ M Hamzah)

KBR, Jakarta - PT PLN memastikan pemulihan jaringan listrik di daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah bakal rampung satu hingga dua pekan ke depan. Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suparteka mengungkapkan, hingga hari ini timnya telah memperbaiki satu gardu listrik. Sehingga warga dan instansi di sekitar daerah itu pun kini sudah bisa mengakses jaringan komunikasi dengan lancar. Selanjutnya, perbaikan serupa di beberapa titik lainnya juga bakal mengikuti.

Menurutnya pemuihan dilakukan bertahap dengan memperhatikan daerah yang harus diprioritaskan. Seperti perbaikan yang terlebih dulu menyasar Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Kata dia, kedua daerah tersebut merupakan pusat perekonomian dan dijadukan titik awal pendistribusian bantuan.

"Itu kan sudah terlalu besar pengaruhnya. Tentu begini, pemerintah juga punya skala prioritas itu bagaiman pemulihan kelistrikan di daerah-daerah denyut perekonomian. Terutama di jalan-jalan yang membutuhkan aktivitas ekonomi, seperti adanya toko, adanya pasar dan lain sebagainya, supaya masyarakat bisa mencari kebutuhan-kebutuhan," jelas I Made Suparteka saat dihubungi KBR, Rabu (3/10/2018).

"Diharapkan dalam seminggu, dua minggu sudah dapat diselesaikan semua," tambahnya.

Ia mengungkapkan, para teknisi untuk pemulihan jaringan listrik sudah tiba di Palu dan Donggala sejak Selasa (2/10/2018). Tim terlebih dulu memantau kestabilan listrik yang dibutuhkan. I Made Suparteka melanjutkan, ada sekitar 500 tenaga ahli dari Surabaya, Jakarta dan daerah sekitar yang membantu aliran listrik kembali masuk ke desa-desa.

"Khusus normalisasi listrik ada 500 orang, sudah sampai kemarin untuk perbaikan pembangkit, lalu nanti akan memperbaiki jaringan transmisi. Intinya kami perbaiki beberapa ruas yang dianggap central terlebih dahulu."

Selain pemulihan listrik, PLN juga bakal memulihkan jaringan telepon dan internet melalui anak perusahaannya, Icon Plus.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan
  • listrik
  • gempa dan tsunami Palu
  • tsunami
  • PLN

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!