INTERMEZZO

Asisten Pribadi Digital, Hanya Dengan Perintah Lisan

Asisten Pribadi Digital, Hanya Dengan Perintah Lisan

KBR- Ingin punya "asisten pribadi" secara digital? Nah, ada perangkat yang kini bisa memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan. Perusahaan e-commerce Amazon merilis puluhan perangkat baru yang dapat dioperasikan hanya dengan perintah lisan, pada Kamis (20/09/2018).  Puluhan produk ini dapat tersambung ke perangkat Echo, yang dilengkapi dengan sistem asisten pribadi digital, Alexa.

“Hari ini kami bersemangat untuk memperkenalkan lebih banyak fitur untuk membantu membuat hidup pelanggan lebih sederhana, lebih aman, dan lebih nyaman,” kata Tom Taylor, Wakil Presiden Senior Amazon Alexa, seperti dikutip dari Business Wire, Jumat (21/09/2018). 

Pada 2014 lalu, Alexa dirilis sebagai asisten pribadi digital yang ada di dalam speaker pintar. Kini, Alexa juga dapat digunakan untuk mengoperasikan speaker di dalam mobil, dengan Echo Auto yang terkoneksi dengan ponsel. Fitur ini bahkan memungkinkan konsumen untuk menanyakan arah, dan menyambungkannya langsung ke aplikasi navigasi seperti Google Maps, Waze, dan aplikasi lainnya.

Menyusul inovasi speaker pintarnya, Amazon menciptakan berbagai perangkat yang dapat memuaskan konsumen dalam mendengarkan musik dan memutar film. Mulai dari speaker berukuran besar dengan bas yang lebih bagus, pemutar piringan hitam, mikrofon, tablet, hingga perangkat yang dapat mengoperasikan televisi.

Dilansir The Verge, Amazon juga menciptakan produk-produk rumah yang dapat dioperasikan menggunakan perintah suara. Seperti AmazonBasics Microwave yang dilengkapi dengan Bluetooth, sehingga dapat tersambung ke perangkat Echo dan dioperasikan menggunakan perintah lisan. Teknologi ini memungkinkan konsumen untuk mengontrol waktu memasak, hingga tingkat temperature yang dibutuhkan untuk memasak.

Selain microwave, Amazon juga merilis produk jam dinding Eco Wall Clock yang memungkinkan konsumen untuk mengatur waktu ataupun alarm hanya dengan perintah suara. Ada juga produk steker atau colokan listrik bernama Smart Plug yang juga dapat terhubung ke Alexa. Smart Plug memungkinkan elektronik apapun yang disambungkan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan suara.

Tak hanya itu, Amazon juga mengembangkan Alexa Guard, yang mengintegrasikan perangkat Echo, lampu pintar, dan penyedia layanan keamanan untuk membantu konsumen melindungi rumah mereka. Ada juga Ring Stick Up Cam, yang dapat digunakan sebagai kamera CCTV.

"Kami hanya menerapkan penemuan yang didukung A.I. dan kami akan terus menemukan cara untuk membuat Alexa lebih bermanfaat bagi pelanggan kami," kata Rohit Prasad, Wakil Presiden sekaligus Kepala Ilmuwan Amazon Alexa. (Mlk)

  • robot
  • amazon
  • teknologi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!