Tantangan Penyelamatan Lahan Gambut Sungai Putri

alimantan adalah zamrud khatulistiwa dengan kekayaan hayati luar biasa, yang terancam oleh berbagai kegiatan industri ekstraktif.

RUANG PUBLIK

Selasa, 07 Agus 2018 08:46 WIB

Author

Rizal Wijaya

Kalimantan adalah zamrud khatulistiwa dengan kekayaan hayati luar biasa, yang terancam oleh berbagai kegiatan industri ekstraktif. Berbagai kegiatan yang mengeksploitasi sumber daya alam dalam skala besar ini juga sering mengakibatkan bencana, seperti kebakaran hutan masif di tahun 2015. Salah satu provinsi dengan tingkat kebakaran hutan dan lahan tertinggi kala itu adalah Kalimantan Barat. Salah satu lanskap gambut terluas di Kalimantan Barat adalah lanskap Sungai Putri. Sayangnya saat ini lanskap Sungai Putri sedang terancam oleh beberapa kegiatan perusahaan yang beroperasi di area tersebut. Ironisnya, sampai saat ini belum ada skema perlindungan permanen dari pemerintah terhadap Sungai Putri. Lalu upaya-upaya apa saja yang akan dilakukan untuk melindungi Sungai Putri? Apa saja kendalanya? Akan dibahas dalam Ruang Publik, langsung dari Pontianak Pada Selasa, 7 Agustus 2018 Pukul 09.00 WIB.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RUANG PUBLIK

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17