RUANG PUBLIK

Tolak Ketergantungan Impor Komoditas Pertahanan, Pertahanan Bangsa Harus Mandiri

Ilustrasi: latihan menembak

Ruang Publik KBR persembahan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan tema KKIP untuk Ketahanan Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan produksi industri dalambidang pertahanan melalui kebijakan makro, pemerintah membentuk Komite Kebijakan Industri Pertahanan atau disebut KKIP. Presiden Joko Widodo berujar bahwa industri pertahanan diharapkan dapat menjamin pemenuhan pertahanan baik yang berkaitan dengan kesejahteraan prajurit maupun Alat Utama Sistem Pertahanan atau Alutsista, tidak ada ketergantungan terhadap impor komoditas pertahanan, tidak hanya sekedar membangun pertahanan tetapi juga membangun kekuatan TNI dengan kekuatan yang disegani, dan yang terakhir sebagai bagian integral dari pendekatan keamanan yang komprehensif. Mengapa penting bagi Indonesia memiliki industri pertahanan yang kokoh? Bagaimana perjalanan sejarah industri pertahanan hingga dibentuk Komite Kebijakan Industri Pertahanan atau KKIP?

NARASUMBER

Laksamana Muda TNI (Purn) Rachmad Lubis – Kepala Bidang Transfer of Technology (ToT) dan Offset Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) 

  • kemhan
  • kementerian pertahanan
  • kkip
  • alutsista
  • tni

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!