Kominfo Buka Beasiswa Talenta Digital, Semua Bisa Ikut

Kominfo membuka program beasiswa untuk masyarakat umum, mulai dari lulusan SMK, mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, guru, pelaku industri, pegawai negeri, sampai penyandang disabilitas.

RUANG PUBLIK , BERITA , NASIONAL

Senin, 22 Apr 2019 17:37 WIB

Author

Adi Ahdiat

Kominfo Buka Beasiswa Talenta Digital, Semua Bisa Ikut

Seorang anggota komunitas digital bermain games usai pembukaan E-sports Center di The Breeze Serpong, Tangerang (12/4/2019) (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal/ama).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membuka pendaftaran untuk program Digital Talent Scholarship 2019.

Masa pendaftaran program beasiswa ini dibuka mulai tanggal 20 April 2019 sampai 19 Mei 2019.

Program Digital Talent Scholarship ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Peserta program akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan bidang Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, Machine Learning serta beberapa tema pelatihan lainnya.


Bisa Diikuti Masyarakat Umum

Tahun ini Kominfo menyediakan Digital Talent Scholarship 2019 untuk 25.000 peserta.

Kominfo juga menyediakan empat program berbeda yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan peserta, yakni:

1. Fresh Graduate Academy (FGA): ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK atau bidang lain yang terkait. Program ini juga terbuka bagi penyandang disabilitas.

2. Vocational School Graduate Academy (VSGA): ditujukan sebagai program pelatihan intensif bagi lulusan SMK.

3. Coding Teacher Academy (CTA): ditujukan bagi para guru SMA, SMK, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK. Program ini terbuka bagi guru PNS dan non-PNS.

4. Online Academy (OA): program pelatihan online ini ditujukan bagi masyarakat umum, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), mahasiswa, dan pelaku industri.


Bantuan Mencari Peluang Kerja

Kementerian Kominfo juga menyiapkan kegiatan pasca-pelatihan bagi peserta program. Keahlian yang dimiliki para penerima beasiswa akan dipertemukan dengan peluang kerja di berbagai perusahaan terkait.

Program beasiswa ini dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, bekerja sama dengan 31 perguruan tinggi di Indonesia, 23 Politeknik, serta 4 perusahaan teknologi global yakni AWS, Cisco, Google dan Microsoft.

Sebelumnya, di tahun 2018 Kementerian Kominfo sudah sempat meluncurkan program serupa untuk 1.000 penerima beasiswa. Program ini dijalankan untuk mendukung visi Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar pada tahun 2030.

Informasi lebih lanjut tentang tata cara pendaftaran bisa diakses di https://digitalent.kominfo.go.id.

(Sumber: www.kominfo.go.id)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17