RUANG PUBLIK

(CEKFAKTA) Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia Sudah Ada?

(CEKFAKTA) Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia Sudah Ada?

Kasus penemuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, memancing perhatian banyak pihak. Salah satunya datang dari akun Twitter Nofiyendri Sudiar @cunop (16/4/2019) yang menyebut:

Hasil investigasi terkait surat suara yg telah tercoblos di Malaysia:

1. Surat suara tercoblos adalah asli

2. PPLN Kuala Lumpur dinyatakan lalai

3. Rekomendasi pemilu ulang

4. Mencopot 2 orang PPLN Kuala Lumpur


Cek Fakta: Benar

Pernyataan yang dicuitkan @cunop di akun Twitter-nya sejalan dengan keterangan resmi Bawaslu.

Hari Kamis pekan lalu (11/4/2019) Bawaslu menggelar konferensi pers yang menerangkan bahwa surat suara tercoblos di Malaysia adalah surat suara asli.

Dalam pernyataan langsung di televisi nasional, Bawaslu menyatakan bahwa PPLN Kuala Lumpur tidak melaksanakan tugas dengan baik, serta mengeluarkan rekomendasi pemberhentian terhadap dua orang anggotanya.

Bawaslu juga merekomendasikan pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur untuk 319.293 pemilih dengan metode pos.

Namun demikian proses investigasi belum selesai. HIngga sekarang Bawaslu bersama KPU, Polri dan pihak Kepolisian Malaysia masih melakukan penyelidikan apakah kasus ini memuat pelanggaran pidana pemilu, atau melanggar perundang-undangan yang ada di Malaysia.

Sumber:

    <li><a rel="nofollow" href="https://pilpres.tempo.co/read/1194854/bawaslu-memastikan-surat-suara-tercoblos-di-malaysia-adalah-asli/full&amp;view=ok">https://pilpres.tempo.co/read/1194854/bawaslu-memastikan-surat-suara-tercoblos-di-malaysia-adalah-asli/full&amp;view=ok</a></li>
    
    <li><a rel="nofollow" href="https://www.kompas.tv/article/45496/kisruh-pemilu-di-malaysia-bawaslu-perintahkan-pemilu-ulang-metode-pos-ganti-2-ppln">https://www.kompas.tv/article/45496/kisruh-pemilu-di-malaysia-bawaslu-perintahkan-pemilu-ulang-metode-pos-ganti-2-ppln</a></li>
    
    <li><a rel="nofollow" href="https://news.detik.com/berita/d-4510185/polisi-malaysia-akan-umumkan-hasil-investigasi-surat-suara-tercoblos">https://news.detik.com/berita/d-4510185/polisi-malaysia-akan-umumkan-hasil-investigasi-surat-suara-tercoblos</a></li></ol>
    

     Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Pemilu 2019
  • surat suara tercoblos di malaysia
  • Bawaslu
  • KPU

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!