Format Baru Debat Capres, Ada Pemutaran Film Pendek hingga Sesi Debat Bebas

KPU telah menyiapkan 4 film pendek bertema energi, pangan, infrastruktur dan lingkungan hidup. Nantinya, satu film akan dipilih untuk dijadikan bahan perdebatan.

RUANG PUBLIK | BERITA | NASIONAL

Rabu, 13 Feb 2019 15:58 WIB

Author

Adi Ahdiat

Format Baru Debat Capres, Ada Pemutaran Film Pendek hingga Sesi Debat Bebas

Dua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto berpelukan usai mengikuti debat pertama capres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Debat Capres kedua akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu 17 Februari 2019. Acara ini akan disiarkan langsung melalui stasiun televisi nasional mulai pukul 19.00 WIB.

Debat ronde kedua mengangkat tema seputar energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan juga lingkungan hidup.

Bukan hanya tema saja yang baru, format debat kali ini juga dibuat berbeda. Salah satunya, KPU akan memutar film pendek sebagai langkah penyegaran.

KPU telah menyiapkan empat film pendek bertema energi, pangan, infrastruktur dan lingkungan hidup. Setiap film berdurasi sekitar 30 detik sampai satu menit. Nantinya, satu film akan dipilih untuk dijadikan bahan perdebatan.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandi, Priyo Budi Santoso mengapresiasi langkah KPU ini.

“Ini menarik karena apa yang saya usul tarung bebas atau istilah debat bebas teman-teman bilang debat ekplorasi, ini jadi segmen baru di debat ini. Nanti ada kemungkinan bentuknya bukan pertanyaan tertulis tapi narasi video yang kita serahkan ke panelis kemudian hidup tidak debat tergantung dua moderator ini. Mereka kita uji apakah bisa hidupkan suasana debat,” terang Priyo dalam rilisan pers KPU.

Di samping memanfaatkan teknologi multimedia, KPU juga membuat sejumlah ketentuan baru dalam penyelenggaraan debat Capres kedua. Berikut rinciannya:


Peserta Debat Hanya Calon Presiden

Debat kedua ini hanya diikuti oleh para Capres, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto, tanpa didampingi Cawapres masing-masing.


Pertanyaan Debat Bersifat Rahasia

Tak seperti debat pertama, kali ini KPU tidak memberi kisi-kisi untuk peserta debat.

Pertanyaan dari para panelis dibuat rahasia. KPU juga telah meminta para panelis dan moderator untuk menandatangani pakta integritas.

Dalam siaran persnya, Ketua KPU, Arief Budiman menjelaskan, “Panelis dan moderator akan menandatangani pakta integritas untuk tidak membocorkan bahasan, atau proses pembahasan dan rumusan narasi pertanyaan ke pihak luar. Jadi ini akan dijaga betul karena panelis yang tahu, moderator juga harus tahu, karena dia yang akan menyampaikan pesan pertanyaannya,” terangnya.


Ada Sesi Debat Bebas

KPU juga menyebut, debat Capres ronde dua akan membuka sesi debat bebas.

Sesi ini akan diawali dengan pemutaran film pendek, kemudian para Capres dipersilakan menanggapi dan saling lempar pertanyaan terkait tema filmnya.

Di sesi debat bebas ini para Capres bisa menyampaikan pendapat secara bebas tanpa dibatasi durasi waktu.

Namun demikian KPU juga menyebut, di sesi ini moderator dituntut berperan aktif supaya masing-masing Capres bisa mendapat porsi bicara yang seimbang.

(Sumber: www.kpu.go.id)

 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Mendikbud Nadiem Makarim Diminta Perbaiki Mental dan Moralitas